Sukses

Matikan Ponsel Pukul 9 Malam, Bikin Kerja Makin Produktif

Mematikan ponsel pada pukul 9 malam, mampu membuat pemiliknya jauh lebih produktif dalam bekerja keesokan harinya.

Produktivitas seseorang ditentukan dari apa yang dilakukannya di kehidupan sehari-hari. Salah satunya penggunaan ponsel pintar. Menurut para peneliti, mematikan ponsel pada pukul 9 malam, mampu membuat pemiliknya jauh lebih produktif dalam bekerja keesokan harinya.

Peneliti dari Universitas Washington menjelaskan bahwa menggunakan ponsel hingga larut malam akan merusak tidur seseorang dan selanjutnya merusak produktivitas di tempat kerja.

Untuk itu, para peneliti menyarankan kepada para pegawai untuk mematikan ponsel atau sebaliknya berisiko tidak nyaman saat bekerja esok harinya.

"Ponsel pintar sangat membantu seserorang meringankan pekerjaannya di luar jam kantor," kata Asissten Profesor Manajemen di University of Washington Foster School of Business, Christropher Barnes.

Penelitian ini, kata Chrsitoper, menunjukkan bahwa ponsel pintar mampu memperburuk kualitas tidur seseorang, sedangkan tidur nyenyak tanpa gangguan sangat dibutuhkan oleh seorang pegawai agar lebih efektif di tempat kerja.

"Sayangnya, saat ini ponser pintar dirancang sedemikian sempurnanya untuk mengganggu tidur seseorang. Karena mereka membuat kita secara mental terlibat dengan pekerjaan itu hingga larut malam," kata Christoper menambahkan.

Dilansir dari laman Daily Mail, Selasa (21/1/2014) cahaya biru yang dipancarkan dari layar ponsel kita, menurut para peneliti menghambat tidur yang pada akhirnya membuat kita menunda tidur dan lebih fokus pada ponsel pintar dengan segala data yang disimpan.

(Adt/Abd)

Baca juga:

Ini Tanda-tanda Tubuh Terlalu Keras Bekerja!
Sering ke Toilet Tengah Malam Turunkan Produktivitas Kerja
Waspada, Insomnia Datang, Kanker Prostat Menghadang!

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.