Sukses

Kenali Tanda-tanda Diabetes Secara Dini

Bagaimana cara mendeteksi dini penyakit diabetes yang bisa menyebabkan kematian ini? Ini jawaban ahli diabetes

Jika data riskesdas menyebutkan bahwa 5,7 persen masyarakat Indonesia mengalami diabetes dan 70 persen diantaranya tidak mengetahui kalau dirinya diabetes mungkin hal yang wajar. Karena menurut Ketua Umum Persatuan Diabetes Indonesia (PERSADIA), Prof. DR. Sidartawan Soegondo Sp.PD, KEMD, FACE diabetes paling banyak terjadi akibat keturunan dan selebihnya adalah gaya hidup.

Kemudian bagaimana cara mendeteksi dini penyakit yang bisa menyebabkan kematian ini? Sidartawan yang ditemui saat acara Global Diabetes Forum di Kuta, Bali belum lama ini menjelaskan bahwa gejala diabetes itu yang terpenting mencakup 3 hal ini yaitu:

1. Banyak makan

Menurut Sidartawan, bila seseorang sudah merasa banyak makannya dan tidak bisa dikontrol, maka kadar gula dalam darahpun perlu diwaspadai.

2. Banyak minum

Terlalu banyak minum di luar kebiasaan juga tidak baik. Khususnya banyak minuman manis, Sidartawan mengungkapkan kalau ini bisa membahayakan tubuh.

3. Banyak buang air kecil

"Kalau ditanya deteksi dini, ketiga hal ini. Selanjutnya, bila dibiarkan akan sangat berisiko. Karena kebanyakan orang datang dengan komplikasi," jelas Sidartawan, seperti ditulis Minggu (19/1/2014).

Selain itu juga menurut Sidartawan, bila Anda sering kesemutan, mata rabun juga harus waspada. "Diabetes akan lebih baik dicegah lebih dini. Karena selain seumur hidup Anda harus menjadi penderita diabetes, Anda juga harus menjaga kadar gula darahnya tetap stabil, baik sebelum maupun sesudah makan agar tidak menyebabkan komplikasi."

(Fit/Igw)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Diabetes (diabetes melitus) adalah suatu penyakit metabolik yang diakibatkan oleh meningkatnya kadar glukosa atau gula darah.

    Diabetes

Video Terkini