Sukses

Bila Ibu Hamil dan Anak Masih Kecil, Ini Cara Menghadapinya!

Apabila Anda sedang hamil dengan seorang balita di sisi Anda, ada beberapa tips agar Anda melalui kehamilan dengan mudah

Apabila Anda sedang hamil dengan seorang balita di sisi Anda, ada beberapa tips agar dapat melewati masa kehamilan ini dengan mudah. Anda hanya cukup fokus pada diri sendiri dan menghemat energi saat merawat balita.

Hamil sambil merawat anak bukan tugas yang sulit jika Anda memperhatikan kesehatan dan menjaga energi. Seperti dikutip Idiva, Selasa (21/1/2014), ada beberapa hal yang bisa ibu hamil lakukan sehingga tetap bahagia dan bebas stres:

1. Berbagi pekerjaan

Berbagi pekerjaan rumah tangga dengan orang lain saat Anda mulai memperhatikan diri sendiri. Dengan anak yang energik, Anda bisa mengajarinya satu atau dua hal tentang menjaga agar rumah menjadi rapi. Namun, jika dia anak laki-laki yang masih terlalu kecil, jangan ragu meminta bantuan suami, ibu, mertua, atau tetangga untuk membantu mengurus si kecil. Saat ini, fokuslah dengan istirahat cukup dan menjaga kesehatan Anda.

2. Bermain jangan diforsir

Selama kehamilan, terutama pada trimester awal, tubuh akan terasa lelah. Jadi pastikan Anda bermain dengan balita tapi jangan sampai menghabiskan energi.

Balita biasanya memiliki energi tak terbatas, tapi Anda tidak. Bermain dan libatkan si kecil dalam kegiatan yang menarik, biarkan dia berkembang dan itu memudahkan Anda. Tentukan kegiatan yang membuatnya senang seperti main musik, lukisan, kerajinan, dan membaca buku.

3. Sesuaikan jadwal tidur Anda dan balita Anda

Anda perlu menyesuaikan pola tidur sehingga sinkron dengan balita. Tidurlah di saat dia tidur. Jika anak banyak tidur berarti Anda cukup istirahat.

4. Bicara dengan balita Anda

Kehamilan adalah waktu yang tepat berhubungan dengan anak Anda. Anak sensitif dan mereka akan tahu kapan waktunya tak mengganggu Anda.

Buatlah kegiatan yang menyenangkan dengan si kecil dengan bicara ke perut dan dia mungkin menawarkan memijati otot Anda yang sakit dengan tangan mungilnya.

Ingatkan diri Anda bahwa ini sementara waktu dan rumah akan ramai dengan suara dua anak yang melipatgandakan kebahagiaan. Juga, jangan merasa bersalah karena tak memberikan cukup waktu untuk si kecil.

(Mel/Abd)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini