Sukses

Agar Tetap Sehat dan Produktif di Musim Hujan

Untuk mencegah penyakit di musim hujan, tips mudah ini bisa membuat Anda tetap sehat.

Saat hujan tiba, kita tak hanya perlu menghindarinya. Jangan lupa juga menyiapkan perlindungan diri agar tidak mudah sakit.

Untuk mencegah penyakit di musim hujan, MediCard Philippines berbagi tips mudah agar tetap sehat di musim hujan seperti dikutip manilatimes, Kamis (16/1/2014):

1. Selalu bawa payung

Basah-basahan saat hujan tiba bisa menyebabkan perubahan mendadak pada suhu tubuh sehingga bisa menyebabkan pilek dan demam.

Untuk menghindari sakit, jangan lupa membawa payung ke manapun Anda pergi. Ini bukan hanya cara terbaik terhindari dari hujan, tapi juga sebagai perisai terhadap penyakit batuk, pilek, atau demam ketika terjebak hujan selama berhari-hari.

2. Makan sehat

Makan makanan sehat adalah cara termurah untuk melindungi Anda dari penyakit. Anda bisa memasak sup panas untuk menyegarkan tubuh Anda atau makan makanan yang kaya Vitamin C untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh Anda serta membantu memukul mundur flu serta infeksi.

Waspada juga dengan deare, salah satu penyakit di musim hujan karena makan makanan yang terkontaminasi. Jadi, selalu ingat untuk mencuci buah dan sayuran Anda secara menyeluruh.

3. Cuci tangan Anda

Untuk menjaga Anda dari pilek, batuk, dan influenza, cuci tangan secara teratur merupakan cara terbaik mencegah penyebaran virus dan bakter. Serta jaga diri dari penyakit.

Cuci tangan dengan benar menggunakan sabun di antara jari-jari Anda, di bawah kuku, dan bagian atas tangan. Bilas dan keringankan tangan Anda secara menyeluruh untuk menyingkirkan kuman.

4. Minum air bersih

Penyakit yang terbawa air sangat umum terjadi selama musim hujan. Berhati-hatilah dari sumber air yang terkontaminasi karena bisa membawa penyakit yang ditularkan air seperti amoebiasis dan kolera. Jika Anda tak yakin dengan sumber air, rebus atau beli air minum yang aman.

5. Jaga lingkungan Anda tetap bersih

Dengue merupakan penyakit fatal yang disebabkan nyamuk. Ini jenis penyakit yang merajalele selama musim hujan.

Jangan meninggalkan genangan air dan buanglah hal-hal yang bisa meningkatkan perkembangan nyamuk. Jaga seluruh salurah air tetap bersih.

Selain demam berdarah, letospirosis juga merajalela selama banjir karena mungkin air mengandung air seni hewan yang menyebabkan infeksi. Hindari mengarungi banjir tanpa agar terlindungi dari penyakit.

(Mel/*)

Baca Juga:

Agar Tak Sakit di Musim Hujan, Lakukan Hal Ini!

Cegah Masuk Angin dengan Sayuran Hijau Ini

Kiat Rawat Kulit di Musim Hujan

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini