Sukses

Tanda-tanda Awal Kehamilan, Ada 16!

Sebenarnya, ada beberapa tanda awal kehamilan yang bisa dirasakan wanita

Kehamilan kerap dinanti kaum wanita yang mengharapkan kehadiran anak di keluarganya. Ketika wanita sudah melakukan hubungan intim beberapa minggu sebelumnya dan ingin tahu hamil atau tidak, Anda tentu membutuhkan tes di rumah.

Sebenarnya, ada beberapa tanda awal kehamilan yang bisa dirasakan wanita dan mungkin tak menyadarinya seperti dikutip parenting, Rabu (15/1/2014):

1. Sesak napas

Apakah Anda sesak napas ketika naik tangga? Anda mungkin sedang hamil. Pertumbuhan janin membutuhkan oksigen sehingga napas Anda pendek. Kondisi ini mungkin berlanjut sepanjang kehamilan, terutama bayi yang tumbuh mulai memberikan tekanan ke paru-paru dan diafragma.

2. Payudara nyeri

Memakai bra terasa seperti menyiksa. Dan apakah Anda membayangkan bahwa itu karena sedikit lebih besar? Jika Anda hamil, payudara terasa lebih lembut dan berat, ada penggelapan di areola dan bahkan vena di dada lebih jelas. Ini bisa menjadi tanda pertama Anda sedang hamil.

Kenakan bra yang mendukung Anda untuk mengurangi ketidaknyamanan.

3. Lelah

Anda belum saja menyelsaikan satu halaman buku sebelum jatuh tertidur. Jika tiba-tiba Anda lelah mungkin ini karena respons hormon yang meningkat di tubuh. Bagi kebanyakan wanita, kelelahan terus menerus terjadi di trimester pertama, tetapi di trimester kedua berkurang.

4. Mual

Kebanyakan wanita mulai mengalami mual-mual sekitar 6 minggu, tapi beberapa bisa mengalami morning sickness sebelumnya. Ini bisa saja tak hanya pagi hari, tapi juga siang dan malam. Morning sickness kemungkinan mereda ketika memasuki trimester kedua.

5. Sering buang air kecil

Jika Anda sering buang air kecil bisa menjadi tanda Anda hamil. Selama kehamilan, tubuh memproduksi cairan tambahan, yang membuat kandung kemih bekerja lembur.

6. Sakit kepala

Tanda awal kehamilan mencakup sakit kepala, akibat perubahan hormon.

7. Sakit punggung

Apakah punggung bagian bawah Anda sedikit sakit? Ini bisa jadi tanda Anda hamil dan mungkin akan terus terjadi selama kehamilan dengan berat badan Anda dan pergeseran pusat gravitasi akibat postur tubuh.

8. Kram

Apakah ini karena PMS atau hamil? Memang sulit dijawab, tapi jika ANda merasa kram, mungkin rahim Anda meregang bersia-siap untuk bayi.

9. Mengidam atau enggan makan

Tiba-tiba Anda tak kuat makan banyak jeruk. Atau mungkin Anda ingin makan ikan. Jika sebelumnya Anda tak mengalami masalah dalam makan, bisa jadi tubuh Anda memberitahukan sedang hamil.

10. Sembelit dan kembung

Jika Anda merasa jadi kembung, mungkin progesteron berlebih karena kehamilan, sehingga memperlambat sistem pencernaan.

11. Perubahan suasana hati

Anda kesal karena suami Anda meletakkan kaus kaki bukan di keranjang? Mungkin karena mood Anda sedang tak bagus karena tubuh menyesuaikan diri dengan hormon baru. Yakinkan suami Anda jika emosi Anda akan naik turun.

12. Suhu tubuh meningkat

Saat hamil, suhu tubuh akan meningkat. Jika kondisi tersebut berlangsung lebih dari dua minggu mungkin karena Anda sedang hamil.

13. Penciuman tajam

Bau sampah saja bisa membuat ANda muntah. Jika Anda tak senang dengan bau tertentu atau sensitivitas meningkat terhadap aroma, mungkin Anda hamil.

14. Pusing atau pingsan

Ini gejala yang sering digunakan untuk menandakan kehamilan di film. Tapi itu benar adanya. Gula darah menjadi rendah atau tekanan darah membuat pusing. Pastikan Anda cukup makan dan terhidrasi dengan baik.

15. Bercak dan terlambat menstruasi

Anda mungkin sedang menstruasi. Jika itu lebih sedikit dri biasanya dan beberapa hari lebih cepat dibanding diharapkan, Anda sebenarnya bisa saja mengalami pendarahan implantasi, di mana telur yang terlah dibuahi menempel pada dinding rahim dan menyebabkan darah sedikit keluar.

Banyak tanda awal kehamilan seperti gejala PMS. Bagaimana membedakannya? Petunjuk yang paling jelas jika menstruasi Anda terlambat.

16. Tes hamil

Anda tak akan tahu pasti apakah Anda hamil sebelum melakukan tes kehamilan. Jika hasilnya negatif dan Anda belum mendapat menstruasi, mungkin karena tes terlalu cepat. Tunggu beberapa hari dan coba lagi. Jika itu hasilnya positif, selamat!

(Mel/*)

Baca Juga:

7 Cara Mengobati Flu Ibu Hamil Tanpa Obat Kimia
Demi Otot Anak, Ibu Hamil Jangan Abaikan Vitamin D
Masalah yang Seringkali Terjadi Saat Istri Tengah Hamil

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.