Sukses

Pilihan Sarapan Pendongkrak Stamina Otak

Sarapan tidak hanya membuat Anda sehat, tapi turut membuat otak Anda bekerja maksimal selama satu hari penuh.

Sarapan sehat tak hanya membuat fisik bugar, tapi juga harusnya turut membuat otak bekerja maksimal selama satu hari penuh. Untuk itu, pilihlah menu sarapan pendorong stamina otak.

Berikut daftar menu sarapan yang tidak hanya menyehatkan fisik, tapi turut menyehatkan otak Anda, seperti dikutip Fox News, Rabu (15/1/2014)

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 7 halaman


1. Telur

Bagaimana pun cara menyajikan telur yang tepat untuk sarapan, Anda akan mendapatkan manfaat dari kolin yang telah terbukti berperan penting untuk fungsi otak dan memori.

Dalam sebuah penelitian yang dilakukan terhadap 1.400 responden baik pria maupun wanita dan diterbitkan di dalam American Journal of Clinical Nutrition, orang yang mengonsumsi makanan dengan tinggi kolin akan merasa lebih baik dalam hal mengingat.
3 dari 7 halaman


2. Biji-bijian

Alasan mengapa biji-bijian patut untuk dikonsumsi di pagi hari adalah karena tubuh akan mengubah karbohidrat menjadi glukosa, yang merupakan bahan bakar yang sangat disukai otak.

Whole grain dan beberapa makanan yang diperkaya vitamin B penting untuk konsentrasi dan membantu otak Anda untuk tetap sehat.
4 dari 7 halaman


3. Anggur

Studi menunjukkan bahwa mengonsumsi berbagai jenis anggur baik yang berwarna hijau, merah, dan hitam, akan memainkan peran penting dalam meningkatkan pertahanan antioksidan seseorang yang baik untuk kesehatan otak.

Dalam sebuah penelitian sebelumnya disebutkan bahwa anggur dapat membantu melindungi kesehatan otak dengan cara menangkal stres serta peradangan.
5 dari 7 halaman


4. Blueberry

Semua buah yangn tergolong berry dipercaya dapat melindungi sel-sel otak dan memainkan peran dalam meningkatkan memori dengan memromosikan komunikasi antara sel-sel di otak.

Blueberry kaya akan antioksidan dan fitokimia lainnya yang telah dikaitkan dengan perbaikan fungsi untuk berpikir.
6 dari 7 halaman


5. Oat

Oat mengandung zat besi, potassium, dan vitamin B. Di mana itu semua merupakan nutrisi penting yang dapat membantu perkembangan otak dan membantu otak berfungsi pada kapasitas penuh. Pun dengan serat yang terkandung di dalamnya, yang dapat mencegah Anda dari rasa lapar berlebih.
7 dari 7 halaman


6. Apel

Buah apel kaya akan quercetin, antioksidan yang mampu melindungi sel-sel otak. Menurut para peneliti di Cornell University menyebutkan bahwa quercetin dapat membela sel-sel otak Anda dari serangan radikal bebas.

(Adt/Abd)

Baca juga:

`Sarapan Besar` Lebih Efektif Turunkan Berat Badan
Donat, Paling Cocok untuk Sarapan di Pagi Hari
Pria yang Tidak Sarapan Berisiko Kena Serangan Jantung

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.