Sukses

Alasan Harus Segera Mandi Usai Olahraga

Setelah berolahraga, tubuh terutama otot-otot membutuhkan perawatan yang tepat untuk memulihkan dan meningkatkan kembali kekuatannya.

Setelah berolahraga sebaiknya disegerakan untuk membersihkan diri dengan mandi. Setelah berolahraga, tubuh terutama otot-otot membutuhkan perawatan yang tepat untuk memulihkan dan meningkatkan kembali kekuatannya.

Dikutip dari Healthmeup, Senin (13/1/2014) mandi setelah berolahraga memiliki beberapa manfaat, yaitu :

1. Kebersihan

Berolahraga di ruangan atau di luar ruangan akan menghasilkan banyak keringat, hal ini berarti latihan Anda terbilang efektif. Namun bakteri yang ada pada benda-benda di sekitar tempat latihan mudah berpindah dan menempel di keringat, untuk itu perlu pembersihan dan menjaga kebersihan dengan mandi.

2. Pemulihan Otot

Penelitian menunjukan bahwa mandi dapat meningkatkan pemulihan dan mengurangi nyeri otot. Setelah berolahraga tidak sedikit orang mengalami nyeri pada otot atau yang disebut dengan onset nyeri otot. Risiko nyeri tersebut dapat dikurangi dengan mandi.

3. Menghilangkan Lemak

Mandi dengan air dingin setelah berolahraga dapat meningkatkan metabolisme tubuh. Sehingga suhu tubuh meningkat dan menyebabkan pembakaran lemak pada tubuh.

4. Sistem Kekebalan Tubuh

Manfaat lain mandi setelah berolahraga dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Paparan air dingin di badan dapat meningkatkan pasokan antioksidan kuat yang disebut glutathione yang menjadi faktor peningkat kekebalan tubuh. (Mia/Igw)

Baca Juga :

Cara Mandi yang Sempurna Versi Orang Inggris
Baguskah Membersihkan Wajah Saat Mandi?
Mandi Air Hangat Bikin Penyakit, Itu Bukan Mitos

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.