Sukses

Smartphone Juga Nggak Bikin Anak Anda Pintar, Lho!

Smartphone tidak bisa membuat bayi cerdas karena aplikasi di smarthphone memang ditujukan bukan dibuat untuk mendidik tapi menghibur.

Meskipun banyak aplikasi di smartphone atau ponsel pintar yang memudahkan si kecil belajar, tapi ternyata sebuah penelitian malah menyebutkan bahwa smartphone sama sekali tidak bisa membuat si kecil cerdas.

Seperti dikutip dalam laman Idiva, Jumat ( 10/1/2014) smartphone tidak bisa membuat bayi cerdas karena aplikasi di smarthphone memang ditujukan bukan dibuat untuk mendidik tapi menghibur.

"Masalahnya segala sesuatu yang kita tahu tentang penelitian otak dan perkembangan anak menunjukkan bahwa smartphone adalah cara yang sangat efektif untuk mengajar bahasa, bermain aktif, kreatif dan berinterasi," kata pemimpin studi, Susan Linn.

The American Academy of Pediatrics bahkan melarang setiap smartphone dikenalkan untuk bayi dan balita di bawah 2 tahun. Sekalipun anak sudah mengenalnya, orangtua harus membatasi penggunaannya satu sampai dua jam sehari.

"Mengingat bahwa tidak ada bukti bahwa aplikasi mobile menguntungkan dan beberapa bukti bahwa hal itu sebenarnya bisa berbahaya, itu memprihatinkan," kata Linn.

Tak hanya itu, direktur senior untuk penelitian anak-Fisher-Price apps, Kathleen Alfano mengatakan smartphone tidak bisa mengembangkan anak usia dini untuk membuat mainan yang sesuai untuk anak-anak cara bermain.

(Fit/Abd)

Baca Juga:

Ajari Anak Kreatif Buat Permainan, Bagaimana Caranya?

Anak Perlu Bermain Selain Belajar Agar Kreatif

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.