Sukses

Dokter BPJS Mengeluh, SBY: Jawaban Saya Melalui Instagram Bu Ani

Presiden SBY mendapat banyak masukan dan komentar atau keluhan dari dokter dan tenaga medis dan itu semua sudah dijawab di Instagram Bu Ani

Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) mengatakan bahwa pelayanan kesehatan di banyak rumah sakit saat ini terus membaik, termasuk di dalamnya kinerja dokter dalam melayani pasien. Hal ini bukan berdasarkan laporan, namun hasil pengamatan langsung di lapangan.

"Saat saya berada di Surabaya dan mengunjungi puskesmas serta RS Dokter Sutomo, yang saya lihat waktu itu layanan kesehatan berjalan baik. Memang pasiennya cukup banyak, yang dilayani juga banyak dengan demikian saya melihat langsung intensitias yang tinggi dari layanan kesehatan oleh para dokter dan tenaga medis," ujar Presiden saat menyampaikan pengantar dalam rapat terbatas di Kantor Presiden, Jakarta, Rabu (8/1/2014).

Dari pengalaman itu, lanjut SBY, dirinya menyadari betapa tingginya intensitas pekerjaan dokter saat ini. "Saya juga banyak sekali mendapatkan masukan dan komentar ataupun keluhan dan aspirasi dari kalangan dokter serta tenaga medis, baik langsung kepada saya maupun Ibu Negara yang selalu menjalin komunikasi dengan masyarakat luas," ujarnya.

Tak hanya melalui SBY, Ani Yudhoyono pun juga kerap mendapat keluhan dan kritikan dari para dokter yang merasa kurang diperhatikan. "Kebetulan karena istri saya, Bu Ani kebanjiran pesan dari berbagai kalangan, maka kemarin saya minta tolong sampaikan jawaban saya melalui instagram Bu Ani supaya beliau para dokter dan kalangan medis mengetahui kita terus dan sedang bekerja," jelasnya.

Rapat yang antara lain diikuti oleh Menko Perekonomian Hatta Rajasa, Menko Kesra Agung Laksono, Menteri Kesehatan Nafsiah Mboi, dan Mensesneg Sudi Silalahi ini memang dimaksudkan untuk mengakaji soal insentif bagi dokter yang melaksanakan program Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS).

BPJS Kesehatan yang diresmikan Presiden SBY di Istana Bogor, Jawa Barat, pada 31 Desember 2013, mulai diberlakukan pada 1 Januari 2014. BPJS Kesehatan menjadi langkah penting bagi pemerintah dalam memberikan layanan kesehatan yang lebih layak dan lebih baik, khususnya masyarakat lapisan bawah.

(Ado/Mel)

Baca Juga:

Begini Cara Daftar Jadi Peserta Jaminan Kesehatan Nasional!

Siapa Saja yang Boleh Ikut Serta dalam JKN?

JKN dalam Sistem Jaminan Sosial Nasional itu Apa Sih?

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini