Sukses

Nyeri Setelah Setahun Operasi Kanker Payudara, Kenapa?

Wanita yang pernah operasi payudara mengalami nyeri di payudaranya meskipun operasi tersebut sudah sejak setahun lalu.

Sebuah penelitian yang diterbitkan pada 1 Januari 2014 dalam Journal of American Medical Association di Finlandia menyebutkan bahwa hampir semua wanita yang pernah operasi payudara mengalami nyeri di payudaranya meskipun operasi tersebut sudah sejak setahun lalu.

Seperti dikutip laman Everydayhealth, Selasa (7/1/2014) para peneliti mengungkapkan bahwa rasa nyeri tersebut terkait dengan rasa sakit saat depresi sebelum operasi, kemoterapi dan terapi radiasi.

"Nyeri setelah pengobatan kanker payudara merupakan masalah klinis yang berarti meskipun strategi pengobatan sudah lebih baik," kata Dr Tuomo Meretoja dari Helsinki University Central Hospital.

Penelitian ini melibatkan 860 wanita berusia lebih dari 75 tahun yang telah menjalani operasi kanker payudara. Para wanita ini dirawat di Helsinki University Central Hospital antara tahun 2006 dan 2010.

Hasil penelitian tersebut mencatat, hampir semua wanita mengalami nyeri hingga satu tahun setelah operasi mereka.

"Dari penelitian tersebut menunjukkan bahwa satu tahun setelah operasi, hanya sepertiga dari para wanita melaporkan tidak ada rasa sakit. Dan hampir 50 persen tidak mengalami nyeri ringan, 12 persen mengalami nyeri sedang, dan hampir 4 persen mengalami nyeri parah," terang Tuomo.

Tuomo berharap, penelitian ini dapat berguna bagi para dokter untuk mengembangkan strategi dalam mencegah nyeri persisten setelah pengobatan kanker payudara.

(Fit/Abd)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini