Kelebihan BPJS Dibanding Asuransi Komersial

  • Info Sehat
  • 0
  • 03 Jan 2014 20:00

bpjs-kesehatan-2-140102c.jpg
Program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) yang ditetapkan pemerintah memang sedikit berbeda dengan Jaminan Kesehatan komersial atau asuransi swasta. Meskipun ada beragam manfaat kelas atas yang bisa dinikmati dalam asuransi komersial, tapi jaminan kesehatan sosial lebih murah dan mencakup semua masyarakat Indonesia.

Kepala Departemen Hubungan Masyarakat BPJS Irfan Humaidi menyebutkan, pembayaran iuran JKN sifatnya gotong royong dan seumur hidup. Yang mampu membantu yang tidak mampu.

"Asuransi ini berlaku seumur hidup dari anak baru lahir hingga lansia. Coba bayangkan mana ada asuransi komersial yang menjamin kesehatan seseorang yang usianya lebih dari 55 tahun. Terlalu banyak risikonya kan. Dalam sistem jaminan sosial ini semua ditanggung," kata Irfan saat dihubungi Liputan6.com, Jumat (3/1/2014).

Irfan menegaskan, pembayaran seumur hidup ini sudah dihitung sehingga tidak akan memberatkan masyarakat. Dan kalau ada yang tidak sangup membayar iuran, maka ini akan ditanggung oleh pemerintah.

"Jangan dipikir besaran uang yang kita keluarkan tapi manfaat yang bisa didapat dari saudara kita. Contohnya, ada saudara yang harus cuci darah. Dulu ia mesti membayar Rp 800 ribu sekali sesi yang bisa dilakukan seminggu sekali. Tapi saat ini, dengan premi dari Rp 25.500 saudara kita dapat cuci darah," jelasnya.

(Fit/Abd)

*Bagi Anda yang ingin mengetahui hasil ujian CPNS 2013 silakan klik di cpns.liputan6.com


Baca juga:

Pertanyaan dasar seputar JKN dan BPJS Kesehatan

Syarat Daftar Jadi Peserta JKN

Perbedaan Asuransi Sosial dan Komersial

Angka Kematian Bayi di Indonesia Masih Tinggi, Apa Sebabnya?

Pemilik KJS di Jakarta Tidak Bisa Dobel Klaim Kalau Ada JKN

Sistem Layanan Kesehatan Berjenjang dalam JKN, Apakah Itu?

Begini Cara Daftar JKN untuk Peserta Perorangan!

Kisruh di Bidang Kesehatan Bakal Banyak di 2014

Credit: Abd


Related Articles
Terpopuler