Sukses

`Beatbox` Ternyata Baik untuk Tenggorokan

Mungkin beatbox sudah tidak asing lagi di kalangan remaja. Saat mendengarnya mungkin tidak sedikit yang berpikir hal tersebut merusak pita suara para beatboxer. Namun menurut Peneliti dan Profesor THT, H. Steven Sims dari University of Illinois di Chicago seni suara tersebut justru dapat melindungi pita suara dan baik untuk tenggorokan.

"Dalam beatbox sedikit sekali yang mengalami cedera pada saluran vokal mereka, dan itu tidak merusak pita suara," katanya dikutip Timesofindia, Minggu (5/1/2014).

Beatbox adalah salah satu bentuk seni yang mengfokuskan diri dalam menghasilkan bunyi-bunyi ritmis dan ketukan drum, instrumen musik, maupun tiruan dari bunyi-bunyian lainnya. Seni ini hanya menggunakan alat-alat ucap manusia seperti mulut, lidah, bibir, dan rongga-rongga ucap lainnya.

"Beatbox itu juga bisa lembut, para beatboxers itu menggunakan saluran vokal untuk menghasilkan berbagai suara menyebarkan energi antara beberapa struktur dan meminimalkan dehidrasi," kata Sims.

Sims melakukan penelitian dengan melibatkan empat seniman beatbox laki-laki dan mencatatnya pada Journal of Voice. "Beatboxer dapat menjaga glotis atau ruang antara pita suara saat terbuka. Hal ini berarti para beatboxer sebenarnya melindungi pita suara mereka sehingga tidak rusak saat melakukan beatbox," ujarnya.

Seluruh sistem vokal yang digunakan ketika beatboxers mengeluarkan suara menyebarkan energi di sekitar pita suara. Menurut Sims hal tersebut yang membuat pita suara tidak tegang dan aman. Sims kembali menambahkan beatbox juga dapat menghilangkan stres di pita suara mereka.

"Studi yang ditulis disebutkan bahwa otot pada saluran vokal akan memanjang dan itu membuat mereka bisa melakukan nada tinggi sebelum mengeluarkan suara vokal lainnya," Katanya menjelaskan. Saat ini Sims berharap dapat melakukan penelitian yang serupa kepada para beatboxer perempuan yang memiliki laring lebih kecil daripada pria.

(Mia/Abd)

Baca Juga :

Nodul Tiroid, Benjolan Padat atau Cairan dalam Tiroid
Kanker Tenggorokan, Tumor Ganas dalam Tenggorokan
Musik Bisa Pengaruhi Karakteristik Anak, Lho!






    Artikel Selanjutnya
    3 Minuman Ini Lebih Efektif Turunkan Berat Badan Dibanding Lemon
    Artikel Selanjutnya
    Wanita Ini Berhasil Pangkas Berat Badan Tanpa Diet Ekstrem