Sukses

BPJS Tanggung 250 Juta Jiwa, Obamacare Cuma 30 Juta

Adanya program kesehatan terbaru pemerintah yaitu JKN dianggap sebagai kemajuan negara Indonesia.

Program pemerintah terbaru berupa JKN (Jaminan Kesehatan Nasional) yang berlaku 1 Januari dianggap sebagai sebuah kemajuan bagi bangsa Indonesia.

Bagaimana tidak, BPJS yang merupakan Badan Penyelenggara Jaminan Sosial dianggap akan melakukan proyek besar yang dapat menjamin kesehatan 250 juta masyarakat Indonesia. Bahkan melebihi kapasitas program Obamacare yang hanya menanggung kesehatan 30 juta warga Amerika.

"Program ini lebih besar dari Obamacare, SBYcare menanggung 250 juta orang. Tentunya program ini dilakukan secara bertahap, tidak bisa sekaligus. Karena jumlah peserta JKN terus bertambah setiap harinya dan akan sampai hingga 250 juta hingga 2019. Tapi kalau ternyata program ini baik, bisa rampung dalam 3 tahun," kata Menteri Koordinator kesejahteraan rakyat saat penyerahan kartu BPJS kesehatan kepada PKL (Pedagan kaki Lima) di pasar Johar Baru, Jakarta, Kamis (2/1/2014).

Seperti diketahui, JKN merupakan program pelayanan kesehatan terbaru yang merupakan kepanjangan dari Jaminan Kesehatan Nasional yang menggunakan sistem asuransi. Artinya, seluruh warga Indonesia nanti wajib menyisihkan sebagian kecil uangnya untuk jaminan kesehatan di masa depan.

Bagaimana dengan rakyat miskin? Tidak perlu khawatir, semua rakyat miskin atau PBI (Penerima Bantuan Iuran) ditanggung kesehatannya oleh pemerintah. Sehingga tidak ada alasan lagi bagi rakyat miskin untuk memeriksakan penyakitnya ke fasilitas kesehatan.

BPJS merupakan kependekan dari Badan Penyelenggara Jaminan Sosial. Ini adalah perusahaan asuransi yang kita kenal sebelumnya sebagai PT Askes. Begitu juga BPJS Ketenagakerjaan merupakan transformasi dari Jamsostek (Jaminan Sosial Tenaga Kerja).

(Fit/Abd)

*Bagi Anda yang ingin mengetahui hasil ujian CPNS 2013 silakan klik di cpns.liputan6.com


Baca juga:

Syarat Daftar Jadi Peserta JKN

Perbedaan Asuransi Sosial dan Komersial

Angka Kematian Bayi di Indonesia Masih Tinggi, Apa Sebabnya?

Pemilik KJS di Jakarta Tidak Bisa Dobel Klaim Kalau Ada JKN

Sistem Layanan Kesehatan Berjenjang dalam JKN, Apakah Itu?

Begini Cara Daftar JKN untuk Peserta Perorangan!

Kisruh di Bidang Kesehatan Bakal Banyak di 2014

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • JKN adalah singkatan dari Jaminan Kesehatan Nasional.

    JKN

  • BPJS Kesehatan merupakan salah satu badan hukum yang bertugas menyelenggarakan program jaminan kesehatan bagi masyarakat Indonesia.

    BPJS Kesehatan

Video Terkini