Sukses

Menko Kesra Kunjungi Kantor BPJS Kesehatan

PT. Askes yang kini sudah bertransformasi menjadi BPJS hari ini mendapatkan kunjungan dari Menko Kesra Agung Laksono

PT. Askes yang kini sudah bertransformasi menjadi BPJS (Badan Penyelenggara Jaminan Sosial) hari ini mendapatkan kunjungan Menteri Koordinator Kesejahteraan Rakyat Agung Laksono.

Menurut Menko Kesra, kunjungan ini untuk memantau operasionalisasi BPJS Kesehatan di berbagai daerah dan kesiapan sistem informasi, SDM (Sumber Daya Manusia), serta pemanfaatan Jaminan Kesehatan oleh peserta BPJS Kesehatan di rumah sakit.

Tak hanya memantau kinerja petugas BPJS Kesehatan di kantor BPJS, Menko Kesra juga sempat berdialog dengan kantor cabang BPJS Kesehatan di Jayapura, Papua, Balikpapan, Bali, Sulawesi Utara serta DKI Jakarta.

Dalam percakapan antara Menko Kesra dan Kepala Kantor BPJS Kesehatan di Manado, Sulawesi Utara misalnya, disebutkan bahwa fasilitas kesehatan sudah siap dan tinggal 1 rumah sakit swasta yang belum cocok dengan pola tarif InaCBG's. Dari 573 puskesmas di Manado hanya 40 persen yang memiliki komputer.

Sementara di provinsi lainnya seperti Balikpapan dan Bali serta Papua sejak kemarin pendaftaran perserta JKN (Jaminan Kesehatan Nasional) juga terlihat masih sepi.

"Saat ini sudah mulai ditampung keluhan dan sosialisasi. Sementara saya masih cek sistem pelayanan untuk lihat kesiapan sistem, virtual account dan sebagainya. Mudah-mudahan nggak ada masalah. Saya pernah bilang 2013 adalah tahun kerja keras. Tapi saya harap, 2014 semua pihak terkait juga harus tambah kerja keras," kata Menko Kesra yang ditemui di kantor BPJS, Cempaka Putih, Jakarta, Kamis (2/01/2014).

(Fit/Abd)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.