Sukses

Yuk, Mulai Hidup Sehat di 2014, Begini Caranya!

Memulai hidup sehat di 2014 memang butuh proses, ada beberapa langkah untuk memulainya, yuk perhatikan

Tahun 2014 sudah menginjak hari kedua, untuk memulai hidup sehat memang tidak mudah. Walaupun peduli kesehatan masuk dalam daftar resolusi, namun butuh proses untuk merealisasikannya. Untuk itu Konsultan Manajemen Berat Badan di Rumah Sakit Fortis, dr. Simran Saini yang dikutip Healthmeup, Kamis (2/1/2013) berbagi tips memulai hidup sehat di 2014.

Beikut ini delapan langkah memulai hidup sehat di 2014 :

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 7 halaman



Langkah 1 : Mulai menulis dalam buku harian makanan sehat

Tidak ada salahnya memilki buku harian yang berisi tentang kebiasaan makan yang sehat. Tuliskan segala sesuatu yang Anda makan atau minum, lakukan hal ini setiap tiga hari dalam satu minggu. Di hari keempat mulailah untuk melihat dan memahami apakah makanan yang dimakan selama tiga hari itu sehat? kalau tidak maka mulailah untuk mengubahnya.

Fungsi buku harian itu membantu untuk menghilangkan kebiasaan makan yang buruk, memberi kesempatan untuk badan mencicipi makanan sehat, dan bisa membantu menurunkan berat badan.
3 dari 7 halaman



Langkah 2 : Pastikan makanan yang dikonsumsi sepertiganya memenuhi kebutuhan gizi

Untuk meningkatkan gizi seimbang dalam tubuh, mulailah untuk mencatat menu yang akan dikonsumsi. Mulailah mengonsumsi makanan sehat seperti salad sayur-sayuran dan buah-buahan. Menghindari makanan yang berminyak, mulailah dengan mengonsumsi makanan yang dikukus atau dipanggang.
4 dari 7 halaman



Langkah 3 : Rutin konsumsi buah dan sayuran

Pastikan untuk memenuhi mineral dan vitamin dengan rutin mengonsumsi buah dan sayuran. Kebiasaan baik ini dapat meningkatkan gizi.
5 dari 7 halaman


Langkah 4 : Batasi konsumsi garam dan gula

Mulailah untuk membatasi mengonsumsi makanan yang mengandung garam dan gula tinggi. Hal ini untuk mencegah beberapa penyakit serta menjaga berat badan Anda. Kedua bahan tersebut dapat diganti dengan bumbu rempah-rempah. Untuk menghindari diabetes, sebaiknya konsumsi gula hanya satu sendok teh gula asli setiap harinya.
6 dari 7 halaman


Langkah 5 : Jangan biarkan perut lapar

Hal ini untuk menghindari risiko hipoglikemia atau tingkat glukosa dalam tubuh rendah. Hindari melewatkan jam makan, mulailah mengatur waktu makan yang baik. Jangan terlambat makan.
7 dari 7 halaman


Langkah 6 : Menghindari emosi keinginan makanan

Belajarlah untuk membedakan mana kebutuhan dan keinginan mengonsumsi makanan. Mulailah menghindari mengonsumsi makanan yang hanya karena keinginan emosi semata. Emosi ini muncul diantara orang-orang yang stres, untuk itu cobalah mengurangi tingkat stres. Makanlah saat lapar bukan karena ingin makanan tertentu.

(Mia/Abd)

*Bagi Anda yang ingin mengetahui hasil ujian CPNS 2013 silakan klik di cpns.liputan6.com

Baca Juga :

Jangan Kapok Bikin Resolusi Saat Pergantian Tahun
Target 2014: Rawat Kulit Sehat Agar Tetap Cantik
Target 2014: Mengejar Karir Boleh, Asal Ingat Kesehatan
Yuk Buat Resolusi Hubungan Asmara di 2014

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini