Sukses

DKI Jakarta Resmi Jalankan Program JKN 2014

Pemprov DKI Jakarta resmi menjalankan program Jaminan Kesehatan Nasional sejak hari ini, 1 Januari 2014

Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) yang berupa perlindungan kesehatan agar peserta memeroleh manfaat pemeliharaan kesehatan untuk wilayah DKI Jakarta resmi diluncurkan oleh Kementerian Kesehatan Republik Indonesia dan Pemerintah DKI Jakarta.

Bertempat di Rumah Sakit Umum Pemerintah Fatmawati, acara peresmian JKN ini dihadiri Wakil Menteri Kesehatan Prof. Dr. Ali Ghufron Mukti, MSC, PhD, Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo, dan Direktur RSUP Fatmawati dr. Andi Wahyuningsih Attas, SpAn, KIC, MARS.

Dalam sambutannya Prof. Ali mengatakan bahwa program JKN merupakan mekanisme Ssuransi Kesehatan Sosial. Selain itu, JKN merupakan langkah percepatan reformasi yang cukup mendasar, yaitu pelayanan kesehatan, farmasi, manajemen kesehatan, dan lain-lain.

"Waktu Presiden Amerika Serikat, Obama meluncurkan Obama Care, pemerintahan di sana (AmerikaSerikat) sempat berhenti selama 10 hari. Di Indonesia, kemarin dilaunching, hari ini sukses dilaksanakan," kata Prof. Ali dalam acara 'Pencanangan Pelaksanaan Jaminan Kesehatan Nasional di Provinsi DKI Jakarta' di RSUP Fatmawati Jakarta, Rabu (1/1/2014)

Menurut Ali, pada tahun 1983 Jerman pun melakukan hal yang sama di bidang kesehatan. Hanya saja, di sana membutuhkan waktu 100 tahun, sedangkan di Indonesia tak butuh waktu lama untuk memberlakukan JKN ini.

"Tidak butuh waktu 100 tahun, Di Indonesia hanya butuh 5 tahun," kata dia melanjutkan.

Menurut Prof. Ali, para jajaran di Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) akan melakukan banyak upaya demi terselenggaranya JKN ini  dengan sangat baik.

"Kami menyadari bahwa hari ini belum sempurna. Dan kami bersyukur pada hari ini perancangan dan peluncuran tidak hanya untuk Nasional, melainkan juga untuk di DKI Jakarta," kata Prof. Ali menjelaskan.

Menurut Prof Ali juga Jakarta merupakan barometer di Indonesia. Dengan begitu, harap dia, beberapa provinsi akan mengikutinya.

Selain itu, Wamenkes juga memuji komitmen yang dilakukan oleh Pemerintah DKI, terutama dengan apa yang dilakukan oleh Jokowi.

"Bapak Jokowi pagi-pagi sudah di sini. Dengan semangatnya dan penuh komitmen untu pencanangan di provinsi. Itu juga tandanya bawah  pemerintah DKI telah siap untuk JKN," kata Prof. Ali menambahkan.

Lebih lanjut Prof Ali mengatakan bahwa salah satu kunci dari kesuksesan JKN ini adalah pemahaman masyarakat tentang program JKN itu sendiri. Maka itu, sosialiasi tentang mekanisme hak dan kewajiban peserta JKN perlu untuk digalakan.

"Kalau masih ada masalah, jajaran BPJS siap menangani masalah ini, dan membantu masyarakat yang memiliki masalah tentang JKN. Kalau masih ada masalah juga hubungi hotline Kemenkes, BPJS, dan RSUP Fatmawati," kata Prof. Ali menerangkan.

(Adt/Abd)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini