Sukses

Pria Dibilang Tak Subur Karena Rokok, Benarkah?

Beberapa mitos tentang ketidaksuburan pria yang beredar ternyata menurut dokter spesialis kandungan tidak sepenuhnya benar.

Masalah ketidaksuburan seringkali dikaitakan dengan wanita, padahal menurut Konsultan dan Dokter Spesialis Kandungan di Moolchand Fertility and IVF, dr. Rita Bakshi para pria juga bisa mengalami ketidaksuburan. Beberapa mitos tentang ketidaksuburan pria pun beredar terkait faktor penyebabnya dan berikut ini penjelasannya dikutip Healthmeup, Jumat (27/12/2013), yaitu:

1. Umur pengaruhi kesuburan pria
Menurut dr. Rita umur tidak berperan sebagai faktor ketidaksuburan pria. Menurut sebuah studi usia berkorelasi dengan peningkatan risiko autisme dan skizofrenia bukan pada ketidaksuburan wanita. Tidak hanya usia tua yang mengalami ketidaksuburan, pria berusia 20 tahun juga bisa mengalaminya.

2. Merokok bikin pria tak subur
Merokok meningkatkan 30 persen infertilitas atau ketidaksuburan pada laki-laki. Tapi tentu saja tidak semata-mata karena rokok karena banyak pria perokok yang bisa juga mempunyai anak. Ada banyak faktor kenapa pria perokok tidak subur.

3. Berat badan berlebih bikin pria tak subur
Kelebihan berat badan memang menurut dr. Rita memicu risiko gangguan-gangguan kesehatan dan bisa memengaruhi kesuburan pria namun tentu saja semua itu tidak berdiri sendiri. Pria obesitas bisa memiliki hormon estrogen tinggi dan kadar testosteron rendah sehingga menyebabkan jumlah sperma menurun. Pria dengan berat badan berlebih juga mengalami penurunan libido.

4. Stres penyebab utama infertilitas

Menurut dr. Rita stres tidak memengaruhi gairah seks dan tidak mempengaruhi jumlah dan kualitas sperma.

5. Berhubungan seks setiap hari tingkatkan kesuburan

Melakukan hubungan intim antara suami istri setiap hari dapat menurunkan peluang untuk hamil. Telur memiliki masa hidup hanya 24 jam dan melakukan hubungan seks dengan intensitas yang sering maka tidak meningkatkan kesuburan. Sel telur tersebut hanya bekerja selama masa subur wanita saja.

(Mia/Abd)

*Bagi Anda yang ingin mengetahui hasil ujian CPNS 2013 silakan klik di cpns.liputan6.com

Baca Juga :

Inilah Sebabnya Sperma Pria di Kota Besar Kerap Tidak Subur
Belum Punya Anak, Jangan Salahkan Istri Dulu!
Awas, Keseringan Pakai Celana Jeans Bikin Pria Tak Subur!

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini