Sukses

Trik Turunkan Berat Badan Anak dengan Mudah

Tak hanya orang dewasa, anak-anak sekarang banyak yang mengalami obesitas. Berikut trik menurunkan berat badan untuk anak

Tak hanya orang dewasa, anak-anak sekarang pun banyak yang mengalami obesitas. Kepercayaan akan 'lucu'nya anak-anak bila gemuk juga masih saja membayangi sebagian orangtua di Indonesia.

Yang jadi masalah adalah ketika orangtua kesulitan mengontrol pola makan anak ditambah budaya masyarakat yang tidak tega melihat anaknya kelaparan. Padahal bila dibiarkan terus menerus, anak bisa berisiko memiliki penyakit diabetes dan penyakit kardiovaskular  apalagi bila anak kurang aktif berolahraga.

Obesitas pada anak biasanya disebabkan oleh genetika, peningkatan asupan makanan, atau kondisi medis tertentu. Nah, sebagai orangtua, Anda bertanggung jawab untuk membantu anak Anda mencapai berat badan ideal agar tetap sehat. Ikuti beberapa tips penurunan berat badan yang sehat untuk anak-anak, seperti ditulis Boldsky, Kamis (26/12/2013) berikut ini:

1. Minta pendapat profesional

Meminta nasihat dari ahli medis adalah salah satu cara yang paling penting dalam menurunkan berat badan yang sehat pada anak-anak. Hal ini penting untuk memastikan bahwa anak Anda tidak memiliki kondisi lain yang berkaitan dengan kesehatan anak.

2. Menjaga berat badan

Sebelum langsung berfokus pada penurunan berat badan, cobalah untuk mengontrol berat badan anak saat ia makan dan beraktivitas.

3. Memantau menu anak

Kurangi jenis makanan tertentu seperti junk food atau minuman manis serta makanan kemasan. Ganti makanan tersebut dengan makanan yang Anda olah sendiri.

4. Meningkatkan aktivitas fisik 

Tidak ada gunanya meminta anak Anda untuk olahraga. Yang harus Anda lakukan adalah mengambil inisiatif untuk meningkatkan aktivitas fisik anak seperti membiarkan anak bermain di outdoor sehingga ia dapat membakar banyak kalori .

5. Dukungan emosional

Jangan paksa anak untuk melakukan hal yang ia tidak sukai. Tapi dorong anak untuk terus aktif beraktivitas dan tahu pentingnya kesehatan. Biarkan anak menikmati proses penurunan berat badan dengan jangka waktu lama.

6. Lakukan bersama-sama

Tidak peduli apakah Anda kelebihan berat badan atau tidak,  cobalah untuk bersama-sama anak melakukan program menurunkan berat badan. Anda bisa bermain bersama atau berolahraga bersama atau hanya sekedar  jogging pagi dengan seluruh keluarga. Ini adalah salah satu tips penurunan berat badan yang sehat yang efektif untuk anak-anak.

(Fit/Mel)

*Bagi Anda yang ingin mengetahui hasil ujian CPNS 2013 silakan klik di cpns.liputan6.com

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini