Sukses

9 Kesalahan Saat Perawatan Kulit Wajah

Perawatan kulit harus dilakukan agar kulit tak kusam. Tapi, ada rutinitas kecantikan yang niatnya untuk kecantikan malah salah diterapkan.

Perawatan kulit harus dilakukan agar kulit senantiasa bersinar dan tak kusam. Tapi, ada rutinitas kecantikan yang niatnya untuk kecantikan kulit tapi salah diterapkan.

Jill Zander, pendiri dari Jill Zander Skin Rejuvenation Clinic, mengajak kaum wanita untuk berhenti dari kebiasaan yang buruk untuk kulit seperti dikutip FemaleFirst, Kamis (26/12/2013):

1. Terlalu banyak moisturiser

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 10 halaman



Jika moisturiser sudah cocok dengan jenis kulit Anda, tentu akan terasa nyaman di kulit dan tak membuat kulit terasa berminyak.

Jika Anda memilih moisturiser yang salah dengan jenis kulit Anda, kulit Anda bisa terlalu kering atau terlalu berminyak. Selain itu, moisturiser yang digunakan seharian haruslah mengandung SPF.

Krim malam hanya boleh digunakan pada malam hari karena mereka cenderung lebih kaya dan tidak mengandung perlindungan matahari . Jangan pernah menerapkan moisturiser di sekitar mata karena kulit lebih tibis dan bisa dengan mudah kelebihan beban dan menyebabkan penyumbatan sehingga muncullah bintik-bintik kecil putih.

2. Berlebihan Exfoliating
3 dari 10 halaman

(pengelupas kulit)

Pengelupasan kulit yang berlebihan bisa menyebabkan kulit kemerahan dan iritasi. Serta pengelupasan kulit yang terus menerus bisa membuat kulit berminyak. Kulit normal hingga berminyak hanya butuh exfoliating dua kali seminggu.

3. Krim antipenuaan sebelum kulit siap
4 dari 10 halaman



Jangan menggunakan krim anti-penuaan sebelum kulit Anda menunjukkan tanda-tanda penuaan. Jika Anda menggunakan bahan antipenuaan sebelum kulit membutuhkannya, mereka bisa memunculkan efek yang merugikan.

Misalnya saja, retinols, namun jika digunakan sebelum dibutuhkan, atau terlalu tinggi konsentrasinya, kulit akan terkelupas. Demikian juga dengan peeling, jika digunakan terlalu cepat pada kulit, terlalu sering, atau terlalu kuat, kulit bisa menjadi sangat rapuh dan tipis.

4. Salah masker
5 dari 10 halaman



Seperti pelembab, memilih masker wajah juga harus sesuai dengan kulit Anda. Misalnya, masker berbahan tanah liat, atau untuk kulit berminyak, kulit berjerawat seperti asam salisilat bisa menyebabkan kulit normal-kering mengelupas.

Jika kulit membutuhkan kelembaban, pilih yang untuk kulit kering dengan nutrisi seperti bahan asam hialuronat atau vitamin E.

5. Melupakan SPF
6 dari 10 halaman



Meski itu hujan dan cerah, kita harus memakai SPF pada siang hari karena sinar matahari penyebab utama dari keriput. Caranya carilah tabir surya dnegan pelembab dan gunakan pada pagi hari. Lebih baik lagi, pakai pelembab atau moisturizing harian yang mengandung SPF.

6. Tisu wajah
7 dari 10 halaman



Beberapa tisu wajah mengandung bahan kimia dan alkohol kadar tinggi. Ini bisa mengeringkan kulit luar. Ketika Anda menggosok kuat pada kulit, khususnya di sekitar area mata, ini bisa menyebabkan iritasi dan kemerahan, bahkan menyengat. Menggunakan bahan beralkohol di kulit tak hanya membuat kulit Anda kering, tapi juga berminyak.

7. Tidur dengan makeup
8 dari 10 halaman



Tidur dengan kotoran, wajah berminyak dan riasan bisa menyebabkan jerawat dan pori-pori membesar.

8. Produk makeup tak sesuai jenis kulit
9 dari 10 halaman



Cara tercepat mengetahui jenis kulit Anda adalah cucilah wajah Anda, keringkan dan biarlah selama 20 menit kemudian lakukan tes.
 
  • Tekan sepotong jaringan di tempat berbeda di wajah Anda
  • Jika ini menempel, Anda memiliki kulit berminyak
  • Jika jaringan tak menempel, Anda memiliki kulit kering
  • Jika menempel di area T (jidat, hidung, dan dagu), Anda memiliki kulit kombinasi.

9. Melupakan Eye Cream
10 dari 10 halaman



Eye Cream merupakan bagian penting dari rutinitas kulit Anda. Kulit di mata lebih tipis dan halus, berarti usianya lebih cepat dibanding wajah Anda. Mulailah menggunakan krim mata dua kali dalam sehari mulai usia 20 tahun dan seterusnya.

(Mel)

*Bagi Anda yang ingin mengetahui hasil ujian CPNS 2013 silakan klik di cpns.liputan6.com 

Baca Juga:

Baguskah Membersihkan Wajah Saat Mandi?

6 Makanan yang Bikin Kulit Cantik Bersinar

Tidur Masih Pakai Makeup? Ini Dampak Buruknya



* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.