Sukses

Rekor Bertahan Hidup 31 Tahun dengan Transplantasi Jantung

John McCafferty (71) telah bertahan hidup setelah transplantasi jantung 31 tahun tahun lalu. Ia masuk buku rekor dunia Guinness World Record

Seorang pria Inggris baru-baru ini masuk buku rekor dunia (Guinness World Record) sebagai pria yang paling lama bertahan hidup setelah transplantasi jantung.

John McCafferty (71) diketahui telah bertahan hidup setelah transplantasi jantung 31 tahun tahun lalu. Ia berhasil melampaui seorang pria Amerika yang transplantasi jantung dan akhirnya meninggal pada 2009.

McCafferty bahkan tidak menyangka kalau dirinya yang menjalani operasi di Harefield Hospital di Middlesex, 31 tahun yang lalu hingga kini masih sehat.

"Saya memang ingin masuk rekor dunia ini untuk menjadi inspirasi bagi siapa pun yang sedang menunggu transplantasi jantung. Saran saya adalah selalu berharap, melihat ke depan dengan pikiran positif dan mengikuti saran ahli medis," kata McCafferty, seperti ditulis BBC, Rabu (25/12/2013).

McCafferty menerima jantung barunya pada tanggal 20 Oktober 1982 dalam prosedur dilakukan oleh ahli bedah terkenal di dunia yaitu Sir Magdi Yacoub.

Menurut pihak rumah sakit, McCafferty telah didiagnosa kardiomiopati dilatasi pada usia 39 tahun. Kardiomiopati dilatasi merupakan salah satu penyebab paling umum dari gagal jantung yang terjadi akibat kerusakan dinding jantung dan kerusakan otot yang menyebabkan jantung menjadi lemah dan membesar serta tidak dapat memompa darah dengan baik.

(Fit/Igw)

*Bagi Anda yang ingin mengetahui hasil ujian CPNS 2013 silakan klik di cpns.liputan6.com

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini