Sukses

Pria yang Operasi Payudara Jumlahnya Meningkat

Banyak pria yang memilih melakukan operasi plastik untuk mengurangi ukuran payudaranya dan jumlahnya meningkat.

Pria remaja ataupun dewasa bisa merasa malu saat mengganti pakaian di gym atau kolam renang karena payudaranya yang besar. Karena itulah, banyak pria yang memilih melakukan operasi plastik untuk mengurangi ukuran payudaranya.

Operasi ini menjadi salah satu prosedur bedah yang top untuk pria dan jumlahnya meningkat 5 persen pada 2012 menurut  American Society of Plastic Surgeons (ASPS).

"Pria kadang-kadang datang ke kami di usia 70 tahun untuk melakukan prosedur ini," kata Ahli Bedah Plastik, Dr Paul Feldman seperti dikutip digitaljournal, Selasa (24/12/2013).

Pembesaran payudara pria ini dikenal dengan ginekomastia. Biasanya mempengaruhi 30 sampai 50 persen penduduk pria. Ini bisa disebabkan faktor keturunan, perubahan hormon, penyakit, interaksi obat, atau penggunaan ganja. Ginekomastia bisa muncul pada salah satu atau kedua payudara. Ini mungkin muncul dengan sendirinya sebagai jaringan lemak yang berlebih atau jaringan kelenjar yang berkembangnya berlebihan.

Ginekomastia bisa merusak emosional remaja atau pria dewasa dalam cara yang sama karena ini membuat pria merasa kurang maskulin dan citra tubuh yang negatif.

Dewan Ahli Bedah Plastik Bersertifikat di Advanced Aesthetics memahami masalah yang disebabkan ginekomastia dan mengembangkan tiga pendekatan untuk mengurangi ukuran payudara pria.

Teknik ini berbeda berdasarkan usia laki-laki, bentuk payudara, dan jenis jaringan yang hadir dalam pembesaran payudara. Apa saja teknik yang ditawarkan?

1. Liposuction

Untuk orang dewasa yang dadanya besar terdiri dari lemak jadi kelebihan sedikit kulit, liposuction bisa digunakan untuk mengurangi ukuran payudara. Dada dipahat dengan membuat sayatan yang sangat kecil sehingga meminimalkan jaringan parut.

2. Liposuction dengan pemotongan jaringan payudaa

Untuk remaja dengan jaringan payudara glandular padat, biasanya dilakukan pendekatan kombinasi operasi dan sedot lemak untuk memberikan hasil terbaik. Jaringan payudara yang berkembang berlebihan dipotong dan sedot lemak digunakan untuk mengurangi jumlah jaringan lemak di sekitarnya.

3. Pemotongan jaringan payudara dan kulit

Jika gundukan payudara pria besar dan terkulai, dada bisa menjadi kencang dengan bedah yang meliputi menghilangkan kelebihan kulit dan jaringan payudara.

Pola sayatan tergantung pada ukuran payudara dan jumlah ini kulit yang berlebihan.

Karena Ginokomastia sering berhubungan dengan harga diri, prosedur bedah biasanya dilakukan untuk mencapai kepuasan. Ahli bedah akan mengevaluasi sifat dari pembesaran payudara dan merencanakan membuat payudara terlihat lebih maskulin.

(Mel)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini