Sukses

Benarkah Makan Bayam dan Brokoli Berbahaya Bagi Kesehatan?

Semua sayuran memang bergizi tapi ternyata ada beberapa sayuran yang dapat membahayakan kesehatan. Seperti kentang, bayam dan juga brokoli

Semua sayuran memang bergizi tapi ternyata ada beberapa sayuran yang dapat membahayakan kesehatan. Seperti misalnya kentang, bayam dan juga brokoli. Benarkah?

Ketiga makanan ini, seperti ditulis Allwomenstalk, Senin (23/12/2013) masing-masing bisa membahayakan kondisi kesehatan. Tidak percaya? cek saja penjelasnnya:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman



1. Kentang

Meskipun kentang sangat sehat karena memiliki lebih dari 20 persen nilai harian Vitamin C, Vitamin B6 dan potasium, tapi kentang adalah salah satu makanan yang dapat menyebabkan masalah kesehatan. Sayuran ini diketahui mengandung alkaloid yang dapat memengaruhi otot dan fungsi saraf dan fungsi sendi.
3 dari 4 halaman


2. Bayam

Bayam sarat dengan vitamin K, vitamin A, zat besi dan protein. Sayangnya bagi sebagian orang, bayam juga mengandung oksalat yang dapat mengkristal dan menyebabkan batu ginjal. Oksalat hanya menurun sekitar 5 sampai 15 persen ketika bayam dimasak. Jadi hindari bayam jika Anda memiliki risiko penyakit ginjal, tapi jika tidak maka tidak ada alasan untuk tidak mengonsumsi makanan kesukaan popeye ini.
4 dari 4 halaman


3. Brokoli

Brokoli sempat diteliti bisa menurunkan risiko kanker. Selain itu, brokoli juga sumber Vitamin C dan K. Tetapi jangan salah, orang-orang dengan kondisi tiroid perlu berhati-hati tentang sayuran ini. Sayuran ini dianggap bisa menyebabkan tiroid kian membesar dan juga gondok. Kabar baiknya, memasak brokoli dan keluarga brokoli seperti seperti kembang kol dapat mengurangi senyawa goitrogenik yang membahayakan tiroid.

(Fit/Abd)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini