Sukses

IMD Satu Jam Pertama Penting, Ini Alasannya

"Inisiasi menyusu dini sebaiknya dilakukan kurang lebih satu jam pertama sesudah bayi lahir."

Inisiasi menyusu dini (IMD) menjadi hal yang penting untuk menentukan keberhasilan anak nantinya. Hal ini dikatakan Ketua Unit Kerja Koordinasi Nutrisi dan Metabolik Ikatan Dokter Anak Indonesia, Dr. dr. Damayanti Sjarif Sp.A (K) saat acara workshop Indofood Nutrient di Jakarta, ditulis Senin (23/13/2013).

"Inisiasi menyusu dini sebaiknya dilakukan kurang lebih satu jam pertama sesudah bayi lahir. Hal ini dapat menentukan keberhasilan anak nantinya karena perkembangan otak akan lebih baik serta mencegah kematian neonatal dini pada anak," kata Damayanti.

Menurut Damayanti ada perbedaan persentase kematian antara pemberian ASI di satu jam pertama dengan hari pertama bayi dilahirkan."Dengan inisiasi menyusu dini di satu jam pertama dapat mencegah 22 persen kematian neonatal dini sedangkan yang diberikan di hari pertama hanya sebesar 16 persen upaya pencegahannya," ujar Damayanti.

Pemberian ASI eksklusif menurut Damayanti sangat diperlukan untuk kekebalan tubuh bayi. ASI merupakan asupan nutrisi terbaik untuk bayi di bawah enam bulan. Setelah itu untuk mencukupi kebutuhan bayi seperti energi, protein, dan mikronutrien yang tidak lagi didapatkan dari ASI, menurut Damayanti perlu Makanan Pendamping ASI (MP-ASI).

"Tuhan itu menciptakan sangat luar biasa, ASI itu mengandung mineral, vitamin, ptotein, enzim, anti alergi, anti virus dan masih banyak lagi dan itu semua tidak ada di susu formula. Jadi sebaiknya lakukan ASI eksklusif, setelah enam bulan perlu ditambahkan juga MP-ASI untuk lebih mengoptimalkan tumbuh kembang anak dari fisik maupun otak," kata Damayanti.

(Mia/Mel)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.