Sukses

Tetap Peringati`Hari Ibu` Meski Ibu Tak Lagi Bersama Anda

Di peringatan Hari Ibu ini, Anda yang tanpa didampingi sang ibu, tak perlu bersedih. Ada beberapa cara untuk membantu mengobati kesedihan.

Hari Ibu merupakan waktu untuk menghargai dan menghormati peran ibu. Hampir seluruh ibu di dunia ini memiliki kesamaan yakni mencintai anak-anaknya. Di Indonesia, Hari Ibu selalu diperingati pada 22 Desember.

Pada peringatan Hari Ibu ini biasanya dengan membebastugaskan tugas ibu dari tugas sehari-harinya yang merupakan kewajibannya. Lantas bagaimana jika ibu Anda tak ada lagi di sekitar Anda? Mungkin sang ibu telah tiada atau memang tak mau lagi berbicara dengan Anda.

Jika Anda kehilangan figur ibu, Hari Ibu bisa menjadi hari yang menyakitkan. Ini bisa mengingatkan Anda bahwa ia tak lagi di sekitar Anda dan membawa Anda dalam kesedihan dan kerinduan bersamanya.

Di peringatan Hari Ibu ini, Anda yang tanpa didampingi sang ibu, tak perlu bersedih. Ada beberapa cara untuk membantu mengobati kesedihan Anda di Hari Ibu ini seperti dikutip YourTango, Minggu (22/12/2013):

1. Ingatlah waktu indah bersamanya

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 8 halaman



Bangkitkan kenangan indah Anda dan ibu Anda. Bagaimana caranya agar Anda merasakan kehadirannya? Bayangkan Anda dengannya saat ini dan bermain bersamanya seperti dalam memori masa kecil Anda. Biarkan diri Anda merasakan kehadirannya bersama Anda.

2. Lihat foto dan video lama
3 dari 8 halaman



Cara lain untuk mengenang ibu Anda adalah dengan melihat foto-foto lama, video, dan kenangan lain yang mengingatkan Anda tentang ibu Anda. Temukan cara unik ibu Anda merawat Anda.

3. Menulis surat ke ibu
4 dari 8 halaman



Setelah mengenang ibu Anda, tuliskan surat ke ibu Anda. Intinya di sini adalah memberikan kesempatan kepada untuk mengatakan hal-hal yang belum pernah dikatakan atau menanyakan pertanyaan yang belum terjawab.

4. Bayangkan perkataannya
5 dari 8 halaman



Bayangkan apa yang akan ibu Anda katakan ketika bersama Anda di dalam ruangan. Gunakan imajinasi Anda berpura-pura ibu Anda bersama Anda dan ia memiliki pesan untuk Anda. Apa pesan itu? Apa yang ingin ia sampaikan yang harus Anda dengar? Langkah ini membutuhkan kehati-hatian dalam mendengar untuk membayangkan nasihat ibu yang disampaikan ke Anda, tapi bersabarlah dengan proses ini. Ini bisa sangat bermanfaat.

5.Biarkan diri Anda menangis
6 dari 8 halaman



Air mata adalah respons alami terhadap kehilangan seseorang yang dekat dengan Anda. Biarkan diri Anda dalam kesedihan, kesepian, atau bahkan marah karena ibu Anda tak ada lagi di sekitar Anda. Air maa bisa menyembuhkan dengan sendirinya, jadi hormati emosi di dalam diri Anda.

6. Berbagi cerita
7 dari 8 halaman



Menceritakan ibu Anda dengan keluarga atau teman Anda. Rencanakan pertemuan bersama teman-teman dan keluarga untuk berbagi cerita tentang ibu Anda dalam sebuah grup. Minta yang lain berbagi kenangan tentang ibu Anda juga. Anda bisa belajar banyak aspek dari orang lain tentang ibu Anda yang tak pernah Anda ketahui sebelumnya dan itu bisa menjadi menambah apresiasi peran ibu Anda dalam kehidupan Anda.

7. Membuat penghormatan
8 dari 8 halaman



Anda bisa membuat penghormatan buat ibu Anda. Ini bisa dalam bentuk puisi, lagu, patung, kolase, lukisan, atau kreativitas lainnya yang Anda pikirkan. Setiap ide merupakan sesuatu yang aik. Proses membuatnya juga bisa menyembuhkan.

Ingatlah, kebanyakan ibu menginginka yang terbaik untuk anak-anaknya dan menginginkan Anda menjalani kehidupan Anda dengan sukses.

(Mel)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini