Sukses

Wanita Hamil Gunakan Stiletto, Aman Nggak?

Apakah aman bagi wanita yang sedang hamil ini mengenakan sepatu berhak tinggi?

Melihat designer ternama, Rachel Zoe berjalan-jalan mengenakan jenis sepatu hak tinggi yang sedang tren, stiletto membuat banyak orang bertanya-tanya. Apakah aman bagi wanita yang sedang hamil ini mengenakan sepatu tersebut?

Seorang dokter ahli kebidanan dan kandungan atau obstetri-ginekologi di New York,  Alyssa Dweck MD mengemukakan kekhawatirannya terhadap Rachel. Menurutnya, stiletto dapat membuat kaki seorang wanita hamil bengkak di trimester ketiga. Bahkan, banyak wanita hamil mungkin tidak dapat mengenakan alas kakinya pascamelahirkan karena kehamilan dapat membuat kaki lebih bengkak.

"Meskipun tidak persis berbahaya, penggunaan stiletto atau sepatu hak tinggi lainnya itu tidak dianjurkan pada trimester kedua dan ketiga," kata Dweck, seperti ditulis Womenshealthmag, Kamis (19/12/2013).

Rachel menganggap, banyak ibu hamil mengeluh kram kaki dan nyeri punggung bawah karena penggunaan sepatu hak tinggi menekan tumit. Juga The American College of Obstetricians dan Gynecologists menawarkan tips untuk mengurangi nyeri punggung ketika Anda benar-benar tidak bisa menggunakan sepatu flat saat hamil.

"Pakailah sepatu bertumit rendah dengan lengkungan yang baik. Jika Anda harus memakai sepatu hak ketika Anda sedang hamil, jangan gunakan terus menerus. Sebisa mungkin beri jeda untuk bergantian menggunakan sepatu flat dan tidak memakai sepatu hak tinggi setiap hari, " jelasnya.

(Fit/Abd)







* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini