Sukses

Penyebab Gadis Belia Jadi `Cabe-cabean`

Fenomena cabe-cabean dan terong-terongan yang melanda gadis dan lelaki ABG (anak baru gede) memang sedang populer saat ini. Apa sebabnya?

Fenomena cabe-cabean dan terong-terongan yang melanda gadis dan lelaki ABG (anak baru gede) memang sedang populer saat ini. Sebenarnya apa yang menyebabkan remaja-remaja itu terjerumus ke fenomena tersebut?

Psikolog Klinik Anak dan Dewasa, Rosdiana Setyaningrum, MPsi, MHPEd menjelaskan, anak-anak usia 14 tahun hingga 18 tahun memang harus hati-hati dalam mendidiknya. Apalagi masa remaja adalah masa pencarian jati diri.

"Kan dari dulu juga sudah banyak groupies gini. Kalau menurut saya sih, di mana-mana anak yang `menyimpang` pasti ada," kata wanita yang akrab disapa Diana saat dihubungi Liputan6.com, Kamis (19/12/2013).

Menurutnya, saat remaja mencari jati dirinya, ada yang memiliki cara yang baik dengan berprestasi dan ada yang memilih cara instan dengan bersenang-senang seperti cabe-cabean.

Diana mengatakan, ada beberapa hal yang bisa membuat remaja terjerumus ke fenomena yang sedang populer tersebut.

1. Lingkungan

"Karena pengaruh lingkungan yang nggak baik. Bisa juga dari sekolah," ujarnya.

2. Media

"Terpengaruh film-film atau cerita tentang eksis, populer secara instan, dunia materialistis," ujarnya.

3. Orangtua

"Pasti juga ketidak-dekatan dengan orangtua. Saya sih heran, ada anak SMP keluar malam pakai baju seksi. Orangtuanya kemana ya? Masa nggak tahu? Nggak peduli, terlalu sibuk atau terlalu polos jadi gampang dibohongi anaknya?" ujar Diana menegaskan.

Cabe-cabean sebenarnya hanya merujuk pada gadis belia usia SMP dan SMA yang senang keluyuran malam dan nongkrong di dunia balap liar. Sementara terong-terongan terjadi pada remaja pria disebut dengan fenomena terong-terongan. Umumnya fenomena ini melanda remaja pria usia 13 hingga 18 tahun. Biasanya remaja pria ini senang dengan kehidupan malam, suka tawuran, dan menghisap ganja.

(Mel)


Baca Juga:

Fenomena `Cabe-cabean`, Ini 10 Kategori Gadis Cabe-cabean

Fenomena Cabe-cabean Melanda Gadis ABG, Apa Kata Anak Gaul?

Remaja Cowok Juga Alami Fenomena `Terong-terongan`


* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.