Sukses

Tips Buat Orangtua Agar si Gadis Belia Tak Jadi Cabe-cabean

Orangtua yang ingin gadis belianya tak ikut-ikutan jadi Cabe-cabean, ada tipsnya.

Fenomena Cabe-cabean yang melanda gadis ABG cukup memprihatinkan. Orangtua yang ingin gadis belianya tak ikut-ikutan jadi Cabe-cabean bisa melakukan beberapa tips ini.

Psikolog Lembaga Terapan Psikologi UI Muhammad Rizal Psi mengatakan, agar orangtua lebih mengawasi anaknya yang suka keluar malam hari.

"Kalau tahu anak keluar malam, awasi dia. Kenapa diperbolehkan? Kalau concern anak kita anak perempuan, harusnya lebih dijaga. Kalau kita melihat anak keluar tiap malam ini warning," kata Rizal saat dihubungi Liputan6.com, Rabu (18/12/2013).

Selain itu, lanjut Rizal, orangtua sebaiknya mengatur jadwal anak boleh keluar malam untuk menghindari hal-hal yang tak diinginkan.

Lantas bagaimana dengan sekolah?

Menurut Rizal, pihak sekolah harus tegas dengan aturan berpakaian siswi-siswinya.

Rizal tak bisa mengatakan perbuatan gadis Cabe-cabean ini salah atau tidak, karena itu semua tergantung nilai dan siapa yang memandang. Apalagi di usia tersebut anak ABG sedang ingin eksis menunjukkan siapa dirinya di dalam sebuah kelompok.

Untuk mencegah gadis belia ikut jadi cabe-cabean, lanjut Rizal, bukan hal yang mudah. Karena itu semua tergantung pergaulan yang dipilih anak-anak dan norma yang diterapkan.

"Kalau si anak pergaulannya biasa-biasa saja, dia tidak akan ikut-ikutan. Ngapain pakai baju seperti itu dan ikut kebut-kebutan," katanya lagi.

(Mel/Igw/*)

Baca Juga:

Fenomena `Cabe-cabean`, Ini 10 Kategori Gadis Cabe-cabean

Fenomena Cabe-cabean Melanda Gadis ABG, Apa Kata Anak Gaul?

#PrayforCabecabean, Cara Young Lex Selamatkan Gadis Cabe-cabean

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini