Sukses

Kiat Agar Pekerjaan Tidak Ganggu Kesehatan Anda

Saat tubuh merasa lelah dan stres akibat bekerja terlalu keras akan memicu gangguan-gangguan kesehatan, untuk itu ada yang perlu dilakukan.

Pernah merasa jenuh dengan pekerjaan? itu mungkin akibat dari tubuh yang terlalu bekerja keras. Terlalu banyak menghabiskan waktu untuk bekerja memicu adanya stres sehingga rasa jenuh itu muncul. Ketika sudah mengalami stres akan memengaruhi prestasi kerja, kesehatan dan hal-hal negatif lainnya.

Agar tidak terlalu stres dengan pekerjaan yang menumpuk, dikutip Ehow, Selasa (17/12/2013) lakukan hal berikut ini:

1. Prioritaskan

Prioritaskan pekerjaan yang lebih sulit sleanjutnya barulah dilanjutkan dengan tugas-tugas lainnya. Jangan menganggap pekerjaan adalah beban, ketika memang sudah merasa tidak sanggup melakukan pekerjaan tersebut carilah bantuan untuk membantu.

2. Menjaga Waktu Tidur

Saat tubuh sudah terlalu lelah karena bekerja, menjaga jam tidur adalah hal yang paling penting. Lakukan perubahan kecil namun berdampak besar, misalnya biasakan tidur satu jam lebih awal. Peneliti dari Harvard University mengatakan tidak cukup tidur akan mempengaruhi kinerja kerja menjadi buruk. Semakin banyak beristirahat maka semakin mudah mengerjakan tugas-tugas yang diberikan.

3. Latih Pernapasan

Lakukan latihan pernapasan sederhana selama 15 menit di pagi hari sebelum berjalan keluar menuju tempat kerja. Berbaringlah, ciptakan kondisi santai untuk membersihakn pikiran, latih secara perlahan penapasan Anda. University of Maryland Medical Center menunjukan bahwa teknik pernapasan yang baik dapat membantu menangani stres dan membuat Anda tenang. Dan teknik pernapasan merupakan upaya yang efektif.

4. Berolahraga

Lakukan lebih sering berolahraga seperti berenang, berlalu atau kegiatan fisik lainnya. Penelitian dari Mayo Clinic mengatakan latihan fisik yang konsisten dapat meningkatkan energi dan membantu tubuh melalui hari kerja yang panjang dan melelahkan.

5. Komunikasi dengan Bos

Berkomunikasi dengan bos sangat diperlukan. Tidak semua bos mengetahui dengan pasti jam kerja karyawannya, walaupun sudah ada standar jam kerja namun terkadang orang-orang bekerja melebihi jam kerja. Bicarakan secara rasional dan tenang, ketika ingin mengungkapkan perasaan atau mengeluarkan beban terkait pekerjaan yang berlebihan jangan lakukan dengan emosi.

Komunikasi ini diharapkan dapat menemukan solusi yang baik, agar jam kerja yang melebihi batas tidak mengganggu kesehatan.

(Mia/Abd)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.