Sukses

Kunyah Permen Karet Setelah Konsumsi Minuman Berenergi

Untuk mengembalikan tingkat keasaman pada mulut setelah mengonsumsi minuman berenergi, para peneliti menyarankan mengunyah permen karet.

Tidak sedikit remaja yang menganggap minuman berenergi dapat membuat mereka terjaga atau menambahkan energi mereka. Namun, menurut penelitian yang dilakukan Southern Illinois University School of Dental Medicine selain kandungan asamnya dapat merusak enamel gigi juga dapat berisiko kematian mendadak akibat penyakit jantung.

Penelitian tersebut juga melaporkan sebanyak 30 sampai 50 persen dari remaja Amerika Serikat mengonsumsi energi, dan sebanyak 62 persen mengonsumsi setidaknya satu kali saat berolahraga pada pagi hari.

"Hal ini dapat dikatakan miris, remaja yang datang ke saya itu gejalanya hampir sama. Dan saat ditanya kebanyakan mereka mengatakan mengonsumsi minuman berenergi. Untuk menghidnari hal negatif, sebaiknya para orang tua mendidik anak mereka untuk menghindari minuman ini," kata Juru Bicara dari Academy of General Dentistry, Jennifer Bone dikutip Zeenews, Rabu (18/12/2013).

Para peneliti menyarankan untuk mengunyah permen karet bebas gula atau segera membilas mulut dengan air setelah mengonsumsi minuman berenergi. "Untuk membilas kandungan asam atau yang zat negatif dari minuman berenrgi disarankan untuk mengunyah permen karet bebas gula atau bilas dengan air. Hal ini dilakukan untuk meningkatkan aliran air liur secara alami guna mengembalikan tingkat keasaman yang normal," kata Bone.

(Mia/Mel)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.