Sukses

KPAI: 2013 Tahun Darurat Kekerasan Seksual Anak

Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI) menyebut 2013 merupakan tahun yang tidak terlalu bersahabat bagi anak-anak di Indonesia.

Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI) menyebut 2013 merupakan tahun yang tidak terlalu bersahabat bagi anak-anak di Indonesia. Sebab, pada tahun ini banyak anak yang mengalami kekerasan secara seksual.

Ketua KPAI, Dra. Badriyah Fayumi, Lc.,MA mengatakan, hampir setiap hari masyarakat Indonesia disuguhi berita mengenai kasus kekerasan seksual yang melibatkan anak, baik sebagai korban maupun pelaku.

"Maka itu kalangan pemerhati anak menyebut tahun 2013 ini sebagai tahun darurat kekerasan seksual anak," kata Badriyah Fayumi sewaktu menyampaikan hasil laporan sidang HAM, di Gedung Perpustakaan Nasional, Jakarta, Kamis (12/12/2013)

Badriyah mencontohkan salah satu kasus yang cukup mencengangkan yang terjadi pada anak-anak pada tahun 2013, yaitu bocah berusia 11 tahun yang meninggal dunia karena tertular penyakit kelamin yang ditularkan oleh bapak kandungnya.

Peristiwa ini terjadi di awal tahun 2013, yang menyebabkan hampir seluruh masyarakat di Indonesia marah. Tapi ternyata, setelah kasus tersebut muncul, kasus-kasus serupa satu persatu muncul ke permukaan.

"Setidaknya tahun 2013 sampai dengan bulan Oktober, kekerasan seksual pada anak yang dipantau mencapai 525 kasus," kata Badriyah lagi.

(Adt/Mel/*)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.