Sukses

Wanita Hamil yang Bekerja Coba Perhatikan Hal ini

Wanita hamil yang bekerja diharapkan dapat menyeimbangkan antara pekerjaan dengan kondisi kesehatan, perhatikan asupan dan aktivitasnya.

Wanita karir yang sedang hamil terkadang timbul rasa gelisah antara kesehatan janin dan pekerjaan. Namun hal ini dapat diseimbangkan. Menurut Konsultan Kandungan, Dr. Poornima Ramakrishna di awal usia kandungannya, wanita yang bekerja diharapkan dapat menjaga kondisi tubuhnya.

"Wanita yang sedang hamil tetap dapat menjaga kondisi si ibu dan bayi tapi saat melakukan pekerjaan di kantor. Sama sekali tidak ada salahnya bekerja tapi tetap ingat juga kondisinya, perhatikan asupannya," katanya dikutip Healthmeup, Rabu (11/12/2013).

Berikut ini tip untuk para wanita karir yang sedang hamil agar kondisi tetap terjaga saat bekerja, yaitu:

1. Asupan Makanan

Perhatikan asupan makanan, konsumsi 3 sampai 5 jenis makanan sehat dalam sehari. Selain itu juga perlu konsumsi makanan ringan bergizi seperti irisan sayuran, buah-buahan, yoghurt, keju, kecambah, kedelai, susu dan produk telur.

Makanan tersebut sangat ideal dikonsumsi untuk wanita hamil yang sedang bekerja. "Setidaknya konsumsi juga empat porsi kalsium setiap hari. Folat dan Omega 3. Selain itu juga jaga kesehatan mental dan fisik. Rutin cek di awal usia kandungan untuk selalu mengawasi perkembangan janin," kata Dr. Poornima

2. Siapkan Camilan Sehat

Jangan biarkan perut sampai kelaparan, selalu siapkan camilan sehat di meja kantor seperti buah atau telur rebus. "Jangan sampai kelaparan karena saat lapar atau kadar gula darah rendah itu menyebabkan mual," katanya menjelaskan.

Morning sickness juga kerap dirasakan para ibu hamil. Untuk mengatasinya jangan membiarkan tubuh dehidrasi. "Morning sickness bisa diatasi dengan menghirup air es atau jus lemon," tambah Dr. Poornima.

3. Siapkan Catatan Kecil

"Para ibu yang sudah banyak pekerjaan biasanya melupakan janji dengan dokter atau janji lainnya. Sebaiknya siapkan catatan kecil untuk mengingatkan hal-hal penting. Jangan terlalu lelah," ujarnya.

4. Konsumsi Suplemen Bila Perlu

Menurut Dr. Poornima para ibu hamil yang bekerja sebaknya memastikan mencukupi kebutuhan vitamin C dari buah-buahan, jus atau bila perlu ada tambahan supleman.

5. Menjaga Pola Tidur

Menjaga pola tidur yang baik, dr. Poorniman mengatakan para ibu hamil yang bekerja membutuhkan waktu sepuluh atau sebelas jam saat tidur malam hari.

"Hal ini untuk memastikan aliran darah baik untuk bayi dan membantu mencegah pembengkakan," ujarnya.

6. Olahraga Ringan

Berjalan-jalan kecil di sekitar kantor akan membantu mengurangi kemungkinan ada pembekuan darah, varises dan pembengkakan pada kaki.

"Hindari latihan berat dengan mengangkat beban terlalu berat, jalan-jalan kecil saja mencegah kaki bengkak, tetap perlu ada jadwal hari santai," katanya. (Mia/Igw)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.