Sukses

Obama Sebut Jumlah Penderita AIDS Meningkat di Kalangan Pria Gay

Obama menyerukan kekhawatirannya karena jumlah penderita AIDS pada pria gay yang terlibat seks anal tanpa kondom terus meningkat.

Masih memeringati hari AIDS sedunia, presiden Amerika, Obama menyerukan kekhawatirannya karena jumlah penderita AIDS pada pria gay yang terlibat seks anal tanpa kondom terus meningkat.

Seperti ditulis The Week, Minggu (8/12/2013) bahkan Obama meyakinkan bahwa generasi muda bisa bebas AIDS.

Sebelumnya, Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit Amerika melaporkan kenaikan penderita AIDS mencapai 20 persen tahun ini. Dan dari data tersebut disebutkan bahwa jumlah terbanyak yang terkena AIDS adalah pria gay yang terlibat dalam hubungan seks tanpa kondom sejak 2005-2011.

"Hubungan seks tanpa kondom juga sering terlihat di Kanada, Inggris, Belanda, Perancis dan Australia. Ini mempertinggi kekhawatiran kesehatan masyarakat di seluruh dunia, " tulis Donald G. McNeil Jr.

Menurut Donald, bukan rahasia lagi bahwa seks tanpa kondom adalah salah satu cara utama untuk menularkan HIV, khususnya di kalangan laki-laki gay karena kelompok ini masih dianggap berada pada risiko yang lebih tinggi untuk HIV.

Dr Thomas R. Frieden dari CDC mengatakan, hubungan seks anal tanpa kondom memang berisiko bagi pria gay. Bahkan pada bulan November, CDC melaporkan dewasa kini berani bercinta tanpa menggunakan kondom.

(Fit/Igw)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini