Sukses

WHO : Kedaruratan HIV/AIDS Belum Berakhir

Prediksi meningkatnya jumlah penderita HIV/AIDS memang sudah dikhawatirkan sejak dulu

Prediksi meningkatnya jumlah penderita HIV/AIDS memang sudah dikhawatirkan sejak dulu. Bahkan sejak 2007 lalu WHO (Organisasi Kesehatan Dunia) telah memperingatkan bahaya penyakit tersebut.

Direktur WHO (Organisasi Kesehatan Dunia) bidang HIV/AIDS, Dr. Kevin M. De Cock juga sempat mengatakan dalam wawancaranya bahwa jumlah orang yang hidup dengan HIV terus meningkat.

"Hal ini bisa dilihat sejak 2007 lalu bahwa ada 2,7 juta infeksi HIV baru dan 2 juta orang meninggal akibatnya. Hingga kemudian pada akhir 2007 ada sekitar 33 juta orang yang hidup dengan HIV/AIDS (ODHA)," kata Kevin, seperti ditulis WHO, Jumat (6/12/2013).

Kevin menjelaskan, meskipun epidemi telah stabil saat ini tapi tingkat infeksi baru juga masih mungkin meningkat. Apalagi ini merupakan tantangan kesehatan global.

"Ini yang kami khawatirkan bahwa meskipun angka infeksi baru bisa dicegah tapi jumlah ODHA terus meningkat. Maka itu, kami sampaikan kedaruratan HIV/AIDS belum berakhir," ungkapnya.

Sebelumnya, Kepala Dinas Kesehatan DKI Jakarta Dien Emmawati melaporkan bahwa jumlah penderita HIV/AIDS di ibu kota meningkat. Penderita AIDS sepanjang tahun 2013 ini mencapai 6.973 kasus.

(Fit/Abd)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.