Sukses

Kemenkes Tegaskan TKI Kena Flu Burung Karena Unggas

Pihak Kementerian Kesehatan menegaskan bahwa TKW tersebut terjangkit H7N9 karena unggas bukan hubungan manusia.

Terjangkitnya seorang TKW (Tenaga Kerja Wanita) di Hongkong sontak menjadi heboh karena sebelumnya ada informasi bahwa H7N9 ditularkan dari manusia ke manusia.

Tapi pihak Kementerian Kesehatan menegaskan bahwa TKW tersebut terjangkit H7N9 karena unggas bukan karena kontak dengan manusia lain yang terinfeksi.

Demikian disampaikan Dirjen Pengendalian Penyakit dan Penyehatan Lingkungan (P2PL) Kementerian Kesehatan, Prof dr Tjandra Yoga Aditama saat temu media di kantor Kementerian Kesehatan, Jakarta dan ditulis Kamis (5/12/2013).

Menurut Tjandra, strain baru turunan virus flu burung (H7N9) yang ada di Hongkong, tidak ada bukti penularan antara manusia ke manusia. Jadi masih penularan hewan ke manusia.

"Sejauh ini belum ada informasi bahwa ini ditularkan dari manusia. Yang jelas kami juga sudah berupaya melakukan pencegahan," ungkapnya.

Sebelumnya, Tri Mawarti (36 tahun) yang diketahui merupakan PRT (Pekerja Rumah Tangga) di Hongkong, terserang avian influenza H7N9. Menurut KJRI (Konsulat Jenderal) RI di Hongkong, Tri masuk rumah sakit Tuen Mun Hospital pada 27 November dan kemudian pada 30 November dipindahkan ke rumah sakit Queen Mary Hospital karena kondisinya kritis.

(Fit/Abd)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.