Sukses

Ibu Hamil Boleh Nggak Minum Obat Maag?

Bila penggunaan obat tidak disarankan saat hamil, bagaimana dengan obat maag?

Bila penggunaan obat tidak disarankan saat hamil, bagaimana dengan obat maag? Apalagi mungkin maag yang dideritanya sudah lama dan bisa jadi parah.

Menanggapi hal tersebut Pakar Kesehatan Dr. Manny Alvarez mengatakan, hampir semua wanita hamil biasanya mengalami gejala sakit maag parah selama trimester kedua dan ketiga.

"Tapi perlu diperhatikan, maag hingga jantung berdebar selama kehamilan biasanya karena perubahan kadar hormon. Peningkatan hormon progesteron tersebut melemaskan katup lambung yang membuat asam dari kerongkongan," kata Manny, seperti dilansir Foxnews, Rabu (4/12/2013).

Manny menjelaskan, konsumsi antasida saat hamil bisa mengganggu penyerapan vitamin tertentu seperti zat besi, yang penting selama kehamilan. Apalagi zat besi dapat membantu produksi hemoglobin yang digunakan untuk membawa oksigen ke plasenta.

Agar lebih aman, Manny menyampaikan alternatif berikut:

1. Makan almond
2. Minum air kelapa atau air jahe
3. Mengambil satu sendok cuka sari apel
4. Duduk atau berdiri setelah makan
5. Mengangkat kepala dan dada di tempat tidur
6. Selalu berbicara dengan dokter Anda sebelum minum obat, karena ia dapat membantu Anda membuat keputusan yang terbaik untuk Anda dan bayi Anda berdasarkan riwayat kesehatan Anda.

(Fit/Mel)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini