Sukses

Tips Panjang Umur dari Morano, Wanita Usia 114 Tahun

Tak ada yang menyangkan kalau Emma Morano (114) masih sehat dan melakukan semua pekerjaan rumah dengan baik.

Tak ada yang menyangkan kalau Emma Morano (114) masih sehat dan melakukan semua pekerjaan rumah dengan baik. Bahkan ia masih terlihat memasak di rumahnya.

Penasaran dengan cara hidupnya, akhirnya Morano membeberkan pola makannya yang sehat, seperti ditulis News, Rabu (3/12/2013).

Morano yang lahir pada 1899, yang kini dinobatkan menjadi orang kelima tertua di dunia ini ternyata sangat menjaga kesehatannya dengan baik. Ia mengatakan, setiap hari ia selalu makan telur mentah. Dan untuk sarapan, ia makan biskuit dengan susu atau air.

"Untuk siang hari, saya makan dua telur. Satu mentah dan satu dimasak. Hal ini sudah dianjurkan dokter ketika saya berumur 20 tahun," katanya.

Tapi untuk makan siang tak hanya telur yang dimakannya. Karena setelah itu, ia makan pasta dan daging cincang.

"Sementara untuk makan malam, saya hanya minum segelas susu," jelasnya.

Dalam menjaga kesehatan, selain makanan, tidur juga merupakan faktor penting dalam umur panjangnya.

"Saya tidur sebelum pukul 07:00 setiap malam dan bangun sebelum pukul 06.00 pagi," ungkapnya.

Hal ini tak hanya dilakukan olehnya. Tapi adiknya bahkan kini sudah berusia 102 tahun.  Morano lahir di Vercelli dari delapan bersaudara. Dia menikah pada 1926 dan memiliki seorang anak yang meninggal secara tragis saat usia anaknya enam bulan. Dia berpisah dengan suaminya pada 1938. Sepanjang hidupnya nenek Morano bekerja di pabrik-pabrik dan di dapur sekolah asrama hingga ia pensiun pada usia 75 tahun.

(Fit/Abd)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini