Sukses

Tuntutan Para Dokter Bukan untuk Dapat Kekebalan Hukum

Para dokter yang membela dr Ayu cs bukan berarti ingin mendapat kekebalan hukum. Ini alasannya.

Pada Rabu 27 November hampir dokter di seluruh Indonesia turun ke jalan demi membela ketiga rekannya dr Dewa Ayu Sasiary Prawani, dr Hendry Simanjuntak, dan dr Hendy Siagian. Namun, tuntutan para dokter tersebut bukan berarti meminta agar dokter kebal hukum.

"Tidak benar dokter ini minta ekslusifisme. Tidak benar dokter ingin kebal hukum, nggak benar itu. Siapa yang bilang kita ingin kebal hukum? Kita ingin agar kalau kasus, pelayananan medik dan mendapatkan hasil yang tidak seperti diharapkan atau KTD, maka tolong langkahnya dianalisis melalui profesi dulu. Profesilah yang tahu," kata Ketua POGI dr Nurdadi Saleh, usai diskusi di Warung Daun, Cikini, Jakarta, Sabtu (30/11).

dr Nurdadi mencontoh kasus pesawat yang jatuh, tentu diperiksa oleh lembaga penerbangan. Baru hasil pemeriksaan itu kepada hakim. Begitu pula kapal yang menabrak kapal lain dan karam, yang pertama kali memeriksa adalah komite pelayaran. "Begitu juga dokter dong. Kalau dia salah atau kejadian yang tidak diharapkan, serahkan kepada profesi. Tolong hilangkan stigma, profesi selalu membela temannya. Tidak benar. Kita tidak jual profesi kita," tegasnya.


Seperti diketahui, Siska Makatey meninggal dunia beberapa menit setelah operasi caesar pada 26 April 2010 lalu oleh dr Dewa Ayu Sasiary Prawani, dr Hendry Simanjuntak, dan dr Hendy Siagian. Sedangkan bayinya berhasil diselamatkan.

Dalam operasi caesar itu terjadi emboli udara, yakni udara masuk ke pembuluh darah, yang masuk ke dalam bilik kanan jantung yang menghambat darah masuk ke paru-paru. Akibatnya terjadi kegagalan fungsi paru-paru dan selanjutnya mengakibatkan kegagalan fungsi jantung pada Siska. Akibat kejadian tersebut, ketiga dokter dipidanakan. Namun, di pengadilan tingkat pertama ketiganya bebas murni. Dan di tingkat kasasi, ketiganya dikenai hukuman penjara selama 10 bulan penjara.

(Mel)

Baca Juga:

Kronologi Penangkapan dr. Hendry Simanjuntak

`Dosa-dosa` Dokter Ayu, Dokter Hendry & Dokter Hendy di Mata MA

Inilah Kronologi Kasus Penangkapan Dokter Ayu


Kejanggalan dalam Kasus Dr. Ayu Menurut YPKKI, Apa Saja?


Dokter Kandungan Mau Mogok, IDI Minta Doa Saja

Sosok Julia Fransiska Makatey, Korban Malpraktik dr Ayu & Rekan

Ribut Kasus dr. Ayu, Bagaimana Kabar Anak Siska Makatey?

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini