Sukses

Saat Operasi dr Ayu Sedang Tunggu Ujian Dokter Spesialis

dr Ayu bukanlah dokter umum yang mengoperasi pasien karena dr Ayu sudah menjalani pendidikan spesialis tahap akhir.

Surat Izin Praktik (SIP) kedokteran menjadi salah satu pertimbangan dalam putusan kasasi terhadap dr Dewa Ayu Sasiary Prawani, dr Hendry Simanjuntak, dan dr Hendy Siagian dalam kasus malapraktik Siska Makatey yang hendak melahirkan secara caesar. Namun, Ketua POGI dr Nurdadi Saleh, menegaskan, dr Ayu bukanlah dokter umum yang tanpa kompetensi mengoperasi pasien karena dr Ayu sudah menjalani pendidikan spesialis tahap akhir.

"Pendidikan dokter itu adalah pendidikan berjenjang. Tidak mungkin kalau dia baru hari ini masuk, dia disuruh operasi. Dokter Ayu saat itu pada tahap akhir, sudah tahun ke empat. Tinggal mengunggu ujian nasional dia menjadi dokter spesialis," kata dr Nurdadi Saleh SpOG, usai diskusi di Warung Daun, Cikini, Jakarta, Sabtu (30/11).

dr Nurdadi menjelaskan, pada saat itu dr Ayu diberikan kewenangan karena kompetensinya sudah memadai di bawah payung Rumah Sakit pendidikan. "Jadi sangat tidak benar kok dokter umum operasi, crazy. Kalau dokter umum melakukan operasi tanpa kompetensi. Dia bukan dokter umum lagi. Dia kandidat yang sudah menjalan pendidikan selama empat tahun," ujar dr Nurdadi.

Menurutnya, jika setiap dokter harus menjadi spesialis terlebih dahulu, maka siapa yang akan melayani rumah sakit terpencil. Contohnya saja di Semelu, Natuna, atau pedalaman NTT yang belum ada spesialisnya. Sehingga dokter residen tingkat akhir yang mengabdi di daerah terpencil.

Seperti diketahui, Siska Makatey meninggal dunia beberapa menit setelah operasi caesar pada 26 April 2010 lalu oleh dr Dewa Ayu Sasiary Prawani, dr Hendry Simanjuntak, dan dr Hendy Siagian. Sedangkan bayinya berhasil diselamatkan.

Dalam operasi caesar itu terjadi emboli udara, yakni udara masuk ke pembuluh darah, yang masuk ke dalam bilik kanan jantung yang menghambat darah masuk ke paru-paru. Akibatnya terjadi kegagalan fungsi paru-paru dan selanjutnya mengakibatkan kegagalan fungsi jantung pada Siska.

(Mel)



Baca Juga:

Kronologi Penangkapan dr. Hendry Simanjuntak

`Dosa-dosa` Dokter Ayu, Dokter Hendry & Dokter Hendy di Mata MA

Inilah Kronologi Kasus Penangkapan Dokter Ayu


Kejanggalan dalam Kasus Dr. Ayu Menurut YPKKI, Apa Saja?


Dokter Kandungan Mau Mogok, IDI Minta Doa Saja

Sosok Julia Fransiska Makatey, Korban Malpraktik dr Ayu & Rekan

Ribut Kasus dr. Ayu, Bagaimana Kabar Anak Siska Makatey?


* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini