Sukses

Akupunktur Bisa Bantu Pasien Dokter Gigi yang Ketakutan

Tak sedikit pasien dokter gigi yang mengalami refleks muntah ketika berobat. Dan teknik akupunktur bisa mengatasinya.

Tak sedikit pasien dokter gigi yang mengalami refleks muntah ketika dokter sedang memeriksa giginya.  Dan teknik akupunktur bisa menjadi salah satu strategi untuk mengatasi masalah tersebut.

Di Amerika Serikat saja, sekitar 20 persen penduduk mengalami kecemasan parah ketika di dokter gigi.

Menurut Giuseppa Bilello dan Antonella Fregapane dari University of Palermo di Sisilia, pasien dokter gigi bisa mengalami refleks muntah atau disebut kejang faring selama prosedur di dokter gigi. Ini merupakan kontraksi otomatis di tenggorokan bagian belakang yang biasanya muncul karena menyentuh bagian belakang lidah, langit-langit muntah, atau tenggorokan bagian belakang.

Studi dari peneliti Italia menemukan, akupunktur bisa membantu mengurangi refleks muntah selama kunjungan ke dokter gigi.

"Ini adalah penelitian kecil dan itulah salah satu kelemahannya," kata Dr Palle Rosted kepada Reuters Health dan dikutip dari Dailynews, Sabtu (30/11/2013).

"Tujuan penelitian ini untuk mengevaluasi apakah akupunktur bisa mengurangi refleks muntah."

Pada penelitian ini, sebanyak 20 pasien berusia 19 sampai 80 tahun ikut berpartisipasi. Semua memiliki riwayat refleks muntah ketika dokter memeriksa.

Untuk percobaan itu, dokter memeriksa bagian bawah dan atas tanpa akupunktur dan yang kedua dilakukan setelah jarum akupunktur dimasukkan sekitar 30 detik sebelum memeriksa gigi dan meninggalkan jarum sampai pemeriksaan berakhir. Peneliti kemudian memberikan skor dengan skala 10 jika merasakan sensasi muntah yang terburuk.

Pada penelitian pertama, pasien rata-rata pada skala tujuh setelah pemeriksaan gigi atas. Dan setelah putaran kedua dengan akupunktur, pasien melaporkan nilai refleks muntahnya hanya satu. Hasil yang sama juga terjadi pada skor refleks muntah selama pemeriksaan gigi bawah dengan atau tanpa akupunktur.

"Temuan dari studi kami menunjukkan bahwa akupunktur mungkin berguna untuk mencegah dan mengobati refleks muntah, dan studi lebih lanjut diperlukan, " tulis para ahli.

Titik Akupunktur Refleks Muntah

Chris Dickinson dari King College London Dental Institute di Rumah Sakit Guy di Inggris mengatakan, ada sedikit kontradiksi terkait dengan akupunktur dan operasi gigi. Tapi, dirinya menggunakan teknik tersebut kepada pasien yang alergi logam, wanita hamil, dan orang yang fobia jarum.

Dickinson mengatakan, titik-titik akupunktur yang bisa digunakan untuk kontrol muntah seperti titik telinga dan LI4, yang juga dikenal sebagai titik Hegu.

Para peneliti dalam penelitian ini menempatkan jarum di PC6,  EX 1, dan titik akupunktur CV24 pada wajah dan pergelangan tangan.

"Pesan untuk dokter gigi adalah bahwa itu adalah teknik sederhana dan mudah dipelajari," kata Dickinson . "Ini juga hemat biaya."

(Mel)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini