Kasus Dokter Ayu, Apa yang Perlu Dikaji Ulang?

By Kusmiyati

on Nov 27, 2013 at 11:30 WIB

Kasus malapraktik yang melibatkan tiga dokter spesialis kandungan di Manado bisa dibilang berdampak hebat di dunia kedokteran. Beberapa pekan ini berbagai pemberitaan media nasional memantau perkembangan kasus tersebut. Mungkinkan ini semua karena kesalahan sistem pelayanan?

"Saya pribadi dan sebagai dokter kandungan prihatin dengan adanya kasus ini, hingga membuat rekan sejawat di Manado sampai ditahan," kata Vice President BumiMedika Healthcare system dan CEO Morula IVF Indonesia, dr. Ivan Rizal Sini, MD, Rabu (27/11/2013).

Seperti diketahui tiga dokter tersebut yakni dr. Dewa Ayu Sasiary Prawani SpOG, dr. Hendry Simanjuntak SpOG dan dr. Hendi Siagian SpOG. K masuk daftar pencarian orang (DPO) sejak 18 September 2012 lalu. Dua dari tiga dokter tersebut sudah mendekam di Rumah Tahanan ( rutan) Manado atas kasus dugaan malpraktik terhadap Siska Makatey.

"Saya berharap para dokter tersebut mendapatkan keadilan yang seadil-adilnya. Sistem pelayanan rumah sakit dan sistem cara pendidikan para dokter serta sistem perlindungan terhadap dokter dan pasien perlu direview," kata dr. Ivan saat diwawancarai Liputan6.com.

Ivan juga berharap kasus ini dijadikan pembelajaran untuk pemerintah dan pihak kedokteran agar tidak ada lagi kasus serupa. "Semoga nanti tidak ada lagi kasus yang seperti ini, merugikan banyak pihak tidak hanya profesi dokter tetapi juga pasien. Dan itu semua perlu dikaji lagi," kata ivan.

(Mia/Mel/*)

Baca Juga:

`Dosa-dosa` Dokter Ayu, Dokter Hendry & Dokter Hendy di Mata MA

Inilah Kronologi Kasus Penangkapan Dokter Ayu


Kejanggalan dalam Kasus Dr. Ayu Menurut YPKKI, Apa Saja?


Dokter Kandungan Mau Mogok, IDI Minta Doa Saja

Sosok Julia Fransiska Makatey, Korban Malpraktik dr Ayu & Rekan

Ribut Kasus dr. Ayu, Bagaimana Kabar Anak Siska Makatey?

Credit Melly Febrida

Suka artikel ini?
Kusmiyati
Kusmiyati

  Full bio »

0 Comments