Sukses

Dokter: Maaf Kami Demo Dulu

Para dokter mengaku akan melakukan aksi solidaritas lebih damai dan bermartabat. Para dokter minta maaf jika ada pasien yang tidak nyaman.

Keputusan para dokter Spesialis Kandungan (SpOG) untuk mogok praktik dan berdemo pada pagi ini mengundang reaksi keras dari masyarakat. Lantas, apa komentar para dokter?

Menurut Ketua Perkumpulan Obstetri dan Ginekologi Indonesia (POGI) Cabang Jakarta, dr. Frizar Irmansyah, SpOG (K), bahwa apa yang dilakukannya bersama rekan-rekannya jauh lebih damai dan bermartabat. 

"Saya rasa,  dokter profesi terhormat dan kami tidak akan melakukan  kekerasan. Kita tetap dengan kode etik yang ada. Kami pun akan melakukan aksi ini dengan santun," kata dr. Frizar Irmansyah, saat diwawancarai Health Liputan6.com, di Tugu Proklamasi, Jakarta, Rabu (27/11/2013)

"Oleh karena itu, kami juga meminta maaf pada pasien atas ketidaknyamanan aksi ini," tambahnya.

Selain para dokter, para alumni dan mahasiswa Fakultas Kedokteran pun turut serta. Bahkan beberapa di antaranya, ada mahasiswa yang berasal dari Universitas tempat ketiga dokter menimbah ilmu.

"Selain Mahasiswa FKUI, ada mahasiswa kedokteran UKI yang mana dulu itu dokter Hendry dan dr. Hendy menuntut ilmu di sana. Tidak hanya mereka, mahasiswa dari Universitas Samratulangi pun turut serta, karena dr Ayu berasal dari sana," kata Fenny menjelaskan.

Apa yang dilakukan para dokter ini bukan tanpa alasan. Seperti yang diketahui bahwa tindakan ini merupakan aksi solidaritas atas ditangkap dan dijebloskan dr. Dewa Ayu Sasiary Prawani, SpOG dan dr. Hendry Simanjuntak, SpOG ke dalam penjara.

Selain dua dokter ini, masih ada dr. Hendy Siagian yang sampai hari ini tak diketahui keberadaannya. Tiga dokter ini, tersandung kasus dugaan malpraktik dalam penanganan kelahiran cesar yang menyebabkan korban bernama Julia Siska Makatey meninggal dunia.

Kejadian ini terjadi pada Sabtu 10 April 2010, pukul 22.00 Wita di Ruangan Operasi Rumah Sakit Umum Prof. Dr. R. D. Kandouw Malalayang, Manado.

(Adt/Mel)

Baca Juga:

`Dosa-dosa` Dokter Ayu, Dokter Hendry & Dokter Hendy di Mata MA

Inilah Kronologi Kasus Penangkapan Dokter Ayu


Kejanggalan dalam Kasus Dr. Ayu Menurut YPKKI, Apa Saja?


Dokter Kandungan Mau Mogok, IDI Minta Doa Saja

Sosok Julia Fransiska Makatey, Korban Malpraktik dr Ayu & Rekan

Ribut Kasus dr. Ayu, Bagaimana Kabar Anak Siska Makatey?

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini