Sukses

Napas Bau di Pagi Hari, Waspadai Penyakit Paru!

Napas bau di pagi hari kerap kita anggap sebagai hal yang normal setelah tidur sepanjang malam. Padahal bisa jadi tanda adanya penyakit

Napas bau di pagi hari kerap kita anggap sebagai hal yang normal setelah tidur sepanjang malam. Ini terjadi karena produksi air liur menurun saat tidur sehingga bakteri penghasil bau memiliki kesempatan untuk berkembang biak dan tumbuh.

Namun, seperti dikutip dari Everydayhealth, Senin (25/11/2013), Anda jangan terlalu senang dulu. Karena ternyata lambatnya produksi air liur saat tidur kadang-kadang disebabkan oleh mulut yang terbuka selama tidur. Dengan kata lain ada kebiasaan yang mungkin menjadi penyebab penyakit seperti sleep apnea dan mendengkur.

"Orang dengan gangguan tidur seperti sleep apnea (kondisi ketika seseorang berhenti bernafas) dengan tanda mendengkur mungkin mengalami kesulitan bernapas melalui hidung sehingga kemungkinan besar mereka bernapas melalui mulut. Hal ini yang dapat meningkatkan bau mulut," tulis seorang editor kesehatan, Alysha Reid.

Menurut Alysha, bila bau napas Anda cukup mengganggu, lebih baik memeriksakan diri ke dokter karena seperti yang pernah dibahas dalam European Respiratory Society (ERS), ini menunjukkan bahwa tes napas dapat menjadi metode yang cepat dan akurat untuk skrining kanker paru-paru.

(Fit/Abd)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Sleep apnea adalah gangguan tidur serius berupa kondisi pernapasan yang terganggu saat seseorang tidur.

    Sleep Apnea

  • Mendengkur adalah salah satu jenis gangguan tidur yang cukup banyak dialami. Penderitanya sendiri bisa jadi tidak merasa terganggu.

    mendengkur

  • Bau Mulut

Video Terkini