Sukses

Hidung Pria Lebih Besar Dibanding Wanita? Ini Penyebabnya

Hidung pria lebih besar dari wanita. Kenapa ya?

Hidung pria lebih besar dari wanita. Ini semua terkuat dalam studi baru yang menunjukan rata-rata hidung laki-laki 10 persen lebih besar dari hidung perempuan. Kenapa ya?

Penelitian ini diterbitkan dalam Journal of Physical Anthropology, dikutip Businessinsider, Kamis (21/11/2013). Para peneliti mengamati perubahan wajah dari 38 orang yang terdiri dari 20 laki-laki dan 18 perempuan keturunan Eropa dari usia tiga sampai pertengahan dua puluhan.

Alasannya, pria memiliki massa otot yang lebih ramping dibanding perempuan, yang membutuhkan lebih banyak oksigen untuk merawatnya.

Para peneliti sebelumnya mengatakan ukuran hidung dipengaruhi oleh massa tubuh dan kebutuhan oksigen berbeda untuk merawat jaringan yang ada pada hidung.

Bahkan pada ukuran tubuh yang sama , peneliti menemukan hidung laki-laki tumbuh lebih besar dari hidung perempuan sekitar umur 11 tahun .

Perubahan terjadi pada usia awal pubertas, ketika pria mulai tumbuh maka lebih banyak membutuhkan oksigen untuk massa otot, sementara perempuan lebih kepada massa lemak tubuh .

Selama periode ini, menurut para peneliti sekitar 95 persen dari bobot badan pada laki-laki adalah karena peningkatan massa bebas lemak dibandingkan dengan pada wanita yang habya 85 persen.

Peneliti menjelaskan dalam sebuah pernyataan dari University of Iowa hidung besar berarti lebih banyak menghirup oksigen dan diangkut dalam darah untuk memasok kebutuhan otot-otot.

(Mia/Mel/*)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini