Sukses

Anda Kena Flu? Perhatikan Ini Agar Tak Menularkan Penyakit

Agar Anda tak menularkan penyakit Anda ke orang lain, ada beberapa kondisi yang perlu Anda perhatikan.

Saat musim pancaroba ataupun hujan, waspadai penyakit flu. Mungkin di kantor Anda akan bersaut-sautan bersin dan batuk dengan rekan kerja Anda. Agar Anda tak menularkan penyakit Anda ke orang lain, ada beberapa kondisi yang perlu Anda perhatikan.

Ahli Vaksin Penyakit Menular di Mayo Clinic, Gregory A. Polandia , MD, peluang Anda menularkan penyakit influenza lebih besar ketika sedang mengalami gejalanya, seperti bersin atau batuk. Apalagi saat gejala ini Anda banyak mengeluarkan tetesan air yang bisa menyebarkan virus.

Tak hanya batuk dan bersin, demam juga menjadi indikator bahwa penyakit Anda masih bisa menularkan. "Bila Anda demam dan kelelahan, Anda masih mungkin menularkan," ujar Poland seperti dikutip HuffingtonPost, Kamis (14/11/2013).

Lantas kapan influenza tak menularkan?

"Anda tak akan menularkan lagi ketika Anda tak demam dan tak mengalami nyeri otot dan sendi serta kelelahan yang parah," ujar Polandia.

Sementara Kepala Penyakit Menular di University of Rochester Medical Center, John J. Treanor , MD, mengingatkan Anda lebih menularkan di awal penyakit dibanding akhirnya karena mencurahkan lebih banyak virus.

(Mel/Abd)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini