Sukses

8 Tanda Saat Tubuh Anda Tak Sehat, Waspadalah!

Saat tubuh sedang tidak sehat biasanya tubuh akan memberikan peringatan dalam berbagai cara seperti di bawah ini.

Saat tubuh sedang tidak sehat biasanya akan memberikan peringatan dalam berbagai cara. Sayangnya, banyak orang yang gagal menangkap tanda-tanda peringatan itu dan akhirnya sakit.

Berikut tanda-tanda yang perlu Anda waspadai yang menunjukkan badan tidak sehat seperti dikutip Magforwomen, Senin (11/11/2012):

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 9 halaman



1. Kesulitan tidur

Jika Anda menemukan pola tidur yang menyimpang, bisa menjadi tanda ada masalah di dalam tubuh. Tak bisa tidur sangat berbahaya untuk kesehatan mental, emosional, dan fisik.

Ini mungkin disebabkan karena stres atau masalah lain di dalam tubuh. Jika Anda sering sulit tidur, sudah saatnya Anda mengunjungi dokter dan memeriksakannya.
3 dari 9 halaman



2. Kelelahan konstan

Ada kemungkinan Anda sudah tidur tapi tetap merasa lelah. Ini terjadi pada banyak orang dan sebagian besar dari kita mengabaikannya.

Jika Anda lelah sepanjang waktu, bisa berarti tiroid tak berfungsi dengan benar. Ini bisa menjadi indikasi bahwa kelenjar adrenal Anda terbakar habis.

Kelelahan konstan juga bisa menjadi hasil dari asupan berlebih, merokok, makanan olahan, alkohol, dan sebagainya. Jangan abaikan tanda ringan ini dan kunjungi dokter Anda.
4 dari 9 halaman



3. Tiba-tiba berat badan turun

Walau kebanyakan dari kita berjuang keras menurunkan berat badan, tubuh Anda menunjukkan tanda yang tidak sehat jika berat badan turun tanpa alasan yang jelas.

Kunjungi dokter Anda jika menemukan penurunan berat badan yang konsisten dan tak ada penjelasan kenapa berat turun tiba-tiba. Ini bisa menjadi tanda ada yang salah di tubuh Anda.
5 dari 9 halaman



4. Kehilangan nafsu makan

Dalam beberapa kali Anda tak ingin makan karena kebanyakan makan atau ada gangguan pencernaan. Namun, jika Anda kehilangan nafsu makan tanpa alasan yang jelas, jangan anggap enteng.

Sebagai individu yang sehat, Anda harus merasa lapar setelah interval tertentu dan mampu mencernanya dengan baik. Tapi nafsu makan turun adalah tanda Anda tak sehat.
6 dari 9 halaman



5. Cemas

Jika Anda terus-menerus menemukan diri cemas tentang sesuatu hal, ini bisa menjadi gangguan kesehatan.

Jika Anda menemukan diri Anda cemas, cobalah mencari tahu penyebabnya. Jika Anda tak menemukan penjelasan yang logis, maka jangan ke dokter. Kecemasan bisa saja hasil dari ketidakseimbangan hormon, tumor adrenal, hipertiroidisme, dan sebagainya.
7 dari 9 halaman



6. Bibir pecah-pecah

Bibir pecah-pecah sebagai indikasi bahwa tubuh Anda tak mendapat cukup air. Meskipun bibir pecah umum terjadi di musim dingin, ada banyak dari kita yang bibir pecah sepanjang waktu. Anda mungkin juga melihat celah di bibir, terutama pada sudut mulut Anda.

Ini bisa menjadi tanda kekurangan Vitamin B12. Segeralah mencari bantuan dokter dan jangan mengabaikan tanda ini.
8 dari 9 halaman



7. Usus tidak sehat

Memiliki gerakan usus yang sehat menjadi tanda tubuh sehat. Tapi, jika Anda terus-menerus terganggu dengan sembelit, tubuh Anda berisiko terpengaruh oleh semua racun yang terbangun. Jangan abaikan tanda ini dan segera mencaari bantuan.
9 dari 9 halaman



8. Cenderung sering pilek dan batuk

Jika Anda terkena pilek atau flu, ini berarti sistem kekebalan tubuh Anda tak bekerja semestinya.

Sebagai individu yang sehat, tubuh mampu melawan virus dan bakteri. Namun, jika sering terserang flu, Anda harus pergi ke dokter dan melakukan check up.

(Mel/Abd)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.