Sukses

Banjir Baksos di Peringatan HKN ke-49

Dalam rangka memeringati Hari Kesehatan Nasional (HKN) yang ke-49, banyak agenda penting yang telah disiapkan Kementerian Kesehatan RI

Dalam rangka memeringati Hari Kesehatan Nasional (HKN) yang ke-49, banyak agenda penting yang telah disiapkan Kementerian Kesehatan Republik Indonesia. Apa sajakah agenda penting itu?

Hal pertama yang telah dilakukan oleh para jajaran di Kemenkes RI adalah berziarah dan tabur bunga di pusaran mendiang Endang Rahayu Sedyaningsih, yang pernah menjabat sebagai Menteri Kesehatan periode 2009-2014, di Kompleks Pemakaman San Diego Hills, Karawang, Jawa Barat, pada Jumat (8/11/2013).

Dalam kesempatan itu, Direktur Jenderal Pengendalian Penyakit dan Penyehatan Lingkungan, Prof. dr. Tjandra Yoga Aditama, Sp.P, MARS, DTM&H, DTCE mengatakan, ziarah dan tabur itu dilakukan sebagai bentuk mengenang apa yang telah dilakukan almarhumah Endang Rahayu selama menjabat sebagai Menkes pada waktu itu.

"Ini sebagai bentuk mengenang apa yang sudah dilakukan pendahulu kita, dan berikutnya menjalani apa yang telah diperbuatnya," kata Tjandra Yoga, saat berbincang dengan Health Liputan6.com, ditulis Senin (11/11/2013)

Acara selanjutnya yang akan dilakukan dalam rangka memeringati HKN ke-49, lanjut Tjandra Yoga adalah, akan diadakan upacara yang dilakukan selama 2 hari.

"Tanggal 12 dan 15 akan ada upacara untuk memperkuat tekad gitu," kata Tjandra Yoga melanjutkan.

Selain itu, pada tangga 15 sampai 17 November 2013, akan diadakan pameran kesehatan untuk memerlihatkan apa-apa saja yang sudah diperbuat oleh Kementerian Kesehatan sendiri.

Yang terpenting dari seluruh rangkaian memeringati HKN itu adalah akan diadakan 2 rapat kerja penting, yaitu rapat kerja di kalangan kesehatan dan rapat kerja mengenai promosi kesehatan.

"Rapat kerja ini mengevaluasi apa yang sudah terjadi dan apa yang perlu dilakukan ke depan," kata Tjandra Yoga menjelaskan.

Menurut Tjandra Yoga, 2 rapat kerja ini dianggap penting karena adanya perubahan perilaku masyarakat, yang bahkan memegang peranan penting dalam penelitian kesehatan.

"Dan pastinya banyak kegiatan lain bakti sosial, donor darah," tutup Tjandra Yoga.

(Adt/Mel/*)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini