Sukses

Mencuci Mobil Bagus untuk Kesehatan Jantung

Anda yang tak terbiasa mencuci mobil sendiri, cobalah mulai melakukannya karena bagus untuk jantung.

Anda yang tak terbiasa mencuci mobil sendiri, cobalah mulai melakukannya. Sebuah penelitian mengungkapkan, mencuci mobil sendiri bisa mencegah dari serangan jantung dan stroke.

Tak hanya mencuci mobil, memotong rumput juga bisa menjadi pilihan Anda.  Dua kegiatan tersebut memang sederhana, tapi bagus untuk kesehatan jangka panjang. Sebuah penelitian di Swedia menemukan, orang tua yang aktif secara fisik di rumahnya lebih sehat dibanding yang hanya duduk saja.

"Secara umum yang aktif sehari-hari, terlepas apakah berolahraga teratur atau tidak, berhubungan dengan kesehatan jantung dan umur panjang pada orang dewasa yang lebih tua," begitu hasil penelitian yang tercantum dalam British Journal of Sports Medicine seperti dikutip Gulfnews, Senin (11/11/2013),

Dalam penelitian ini, ada 4.000 orang Swedia berusia 60 tahun pada 1997-1999, dilacak kesehatannya selama 12,5 tahun. Peserta mencatat seberapa sering melakukan kegiatan termasuk memperbaiki rumah, memotong rumput, mencuci mobil, berburu, memancing, bersepeda, atau mengumpulkan buah.

Hasilnya, orang yang aktif secara fisik termasuk latihan formal, 27 persen risikonya lebih rendah terkena kardiovaskular dibanding yang tidak aktif, dan 30 persen penurunan risiko dari semua penyebab penyakit selama penelitian.

Para peneliti juga memperhitungkan faktor gaya hidup lainnya yang bisa memengaruhi hasil, termasuk konsumsi alkohol, tingkat pendidikan, kebiasaan merokok, dan berdiet.

(Mel)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.