Sukses

Agar Anak Jago Matematika, Begini Cara Mengajarinya!

Ada banyak cara mengajarkan balita untuk mengenal angka tapi menyenangkan dan seru. Ini rinciannya.

Anak-anak sekarang belajar angka dan huruf lebih cepat dibanding zaman dulu. Ada banyak cara mengajarkan balita untuk mengenal angka dengan cara menyenangkan agar kelak menjadi matematikawan yang efektif.

Ada banyak hal yang bisa dilakukan dan permainan yang bisa dijalankan para orangtua dalam mengajari belajar bilangan dan menghitung.

Agar proses belajar itu menyenangkan dan menarik, laman Boldsky, Kamis (7/11/2013), berbagi tips untuk memulai hal yang menyenangkan:

1. Buatlah gambar

Ini adalah cara paling umum yang bisa dilakukan orangtua saat mengajarkan angka ke balita. Di rumah Anda bisa membuat gambar angka dan membantu anak terbiasa dengan angka-angka.

Anda bisa melakukannya dengan berbagai cara. Anda bisa menuliskan nomor satu dan menggambarkan lagi yang bentuknya sama. Ini bisa membantu si kecil mengenal angka dalam cara berbeda.

2. Pasangkan angka

Cara sederhana ini bisa membantu balita Anda memiliki hubungan alami dengan angka dan mencocokkan angka yang memiliki tampilan yang serupa.

3. Melompat

Anda bisa melibatkan permainan melompat. Anda bisa meminta si kecil melompat dari satu nomor ke nomor yang lain. Ini benar-benar permainan balita yang sangat seru dalam mengajarkan angka. Anak Anda bisa dengan mudah melompat dari angka satu ke lainnya.

4. Berburu angka

Berburu angka merupakan cara anak belajar bagaimana mengenali angka dan mencari angka seperti yang diminta. Anda bisa menggunakan potongan kertas dan menuliskan angka di sana. Kemudian Anda menyembunyikan kertas di bagian rumah dan meminta anak mencari nomor tertentu.

5. Tarian nomor

Anda bisa mengenalkan angka ke si kecil dengan menari. Misalnya, Anda mengajarkan anak gerakan tertentu dan kemudian ketika Anda mengatakan empat ke si kecil, ia akan mengulangi gerakan sebanyak empat kali.

6. Tabak nomor

Permainan ini menarik perhatian anak-anak Anda. Anda bisa membuat anak menebak nomor dengan memberikan pentunjuk.

Misalnya, Anda bisa menggambar rumah dan menyebutnya sebagai angka 5. Kemudian Anda bisa menggambarkan pohon sebelum menanyakannya. Ini akan membantu anak menebak bahwa pohon adalah nomor empat. Ini akan membantu mengembangkan intelektual anak.

(Mel/Abd)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini