Sukses

Segudang Manfaat Orgasme Buat Pria dan Wanita

Sebenarnya, mengalami orgasme bisa memberikan banyak manfaat, salah satunya meningkatkan kesehatan seseorang.

Orgasme adalah capaian yang ingin diraih bila sepasang kekasih sedang bercinta dan memadu kasih. Sebenarnya, mengalami orgasme bisa memberikan banyak manfaat, salah satunya meningkatkan kesehatan seseorang.

Salah satu alasan utama kenapa orgasme bermanfaat karena otak melepaskan hormon kesenangan oksitosin saat Anda mencapai klimaks. Oksitosin yang sering disebut `hormon cinta` itu berperan penting dalam hubungan manusia.

Lantas apa saja manfaat orgasme yang bisa membuat hidup Anda jauh lebih baik? Berikut rinciannya seperti dikutip HuffingtonPost, Kamis (7/11/2013):

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 11 halaman



1. Meredakan stres

Dalam buku Seksolog Berverly Whipple The Orgasms Answer Guide, ia mengutip penelitian yang dilakukan Carol Rinkleib Ellison pada 2000 yang menyebutkan, 39 persen yang melakukan masturbasi dilaporkan merasa santai. Whipple mengatakan, ini semua karena oksitosin.

Ketika seseorang orgasme, lanjut Whipple, hormon oksitosin dilepaskan dari sel saraf di hipotalamus (wilayah otak) ke dalam aliran darah. "Orgasme melepaskan ketegangan karena stimulasi perasaan dari oksitosin yang membuat hangat dan santai," tulis Ellison.

Selain itu, dari penelitian Groningen University di Belanda, wanita yang mengalami orgasme, bagian otak yang berhubungan dnegan ketakutan dan kecemasan (amigdala) menunjukkan sedikit atau tak ada aktivitas.
3 dari 11 halaman



2. Mengurangi perselingkuhan

Peneliti di Jerman memutuskan melakukan percobaan pada 2012 untuk menguji kekuatan oksitosin. Mereka percaya oksitosin dengan dosis tinggi akan membuat pria mempertimbangkan keluar dari hubungannya. Sehingga peneliti memberikan oksitosin kepada sekelompok pria dan memperkenalkannya dengan seorang wanita yang menarik.

Para peneliti berhipotesis bahwa  bukan oksitosin yang menyebabkan pasangan pria berselingkuh, tapi oksitosin lebih kepada mendorong pria berpegang teguh pada ikatan yang sudah terbentuk dengan pasangannya.
4 dari 11 halaman



3. Wanita orgasme bisa membuat pria lebih fokus

Organisasi di San Francisco yang disebut One Taste khusus untuk praktik meditasi orgasmik biasanya meminta fokus pada pencapaian orgasme perempuan. Baru-baru ini aktris Karen Lorre mengungkapkan, ia bisa mengalami 11 kali orgasme seharinya karena praktik meditasi One Taste ini.

Bahkan pria mengklaim mendapat manfaat kesehatan dengan hanya memberikan kenikmatan ke pasangan wanitanya. Dalam sebuah artikel di New York Times, seorang pria mengaku ia bisa memperbaiki perhatiannya pada satu titik kecil di tubuh wanita yang meningkatkan konsentrasi kerja.
5 dari 11 halaman



4. Bantu atasi insomnia

Apakah Anda lebih suka minum pil tidur atau mengalami orgasme untuk membuat Anda tertidur? Dalam bukunya, Whipple mengutip penelitian yang dilakukan Ellison yang menyebutkan 32 persen dari 1.866 wanita di Amerika Serikat melakukan masturbasi agar tertidur.

Kenapa? Tidak ada yang tahu pasti, meskipun beberapa peneliti dan terapis seks berteori bahwa pelepasan zat kimia saraf lainnya seperti endorfin bisa berefek sebagai obat penenang.
6 dari 11 halaman



5. Pria Orgasme membuat wanita jarang alami depresi

Penelitian dari  State University of New York di Albany menunjukkan wanita yang melakukan hubungan seks tanpa kondom menunjukkan tanda kurang dari depresi ketimbang wanita yang memakai kondom atau menahan diri dari seks.

Apa artinya? Air mani (semen) dari orgasme pria bisa menjadi antidepresan yang efektif bagi perempuan. Psikolog utama studi , Gordon Gallup , mengatakan kepada New Scientist mengatakan, semen berpotensi mengangkat suasana hati wanita.
7 dari 11 halaman


6. Orgasme mengurangi rasa sakit

"Ada beberapa bukti bahwa orgasme dapat meringankan semua jenis rasa sakit - termasuk rasa sakit dari arthritis , nyeri setelah operasi dan bahkan rasa sakit saat melahirkan," kata Lisa Stern , seorang praktisi perawat yang bekerja dengan Planned Parenthood . Itu semua berkat penghilang rasa sakit oksitosin dan endorfin.
8 dari 11 halaman


7. Bantu pria cepat sembuh dari pilek

Ketika pria sakit, orgasme bisa meningkatkan sistem kekebalan tubuh, yang dapat membantu mereka lebih cepat sembuh bila mengalami sakit dalam taraf ringan.
9 dari 11 halaman


8. Orgasme bisa membantu panjang umur

Pada 1997, sekelompok peneliti di Wales memutuskan melihat hubungan antara orgasme dan mortalitas. Peneliti mengevaluasi orang yang meninggal karena jantung koroner dan menemukan orang yang mengalami orgasme dua kali atau lebih dalam seminggu rata-rata memiliki risiko kematian setengah lebih rendah dibandingkan yang sekali sebulan.

Para peneliti menyimpulkan bahwa aktivitas seksual tampaknya memiliki efek perlindungan pada kesehatan pria.

Sementara untuk perempuan ditemukan, wanita yang sering orgasme dalam hubungan seks cenderung hidup lebih lama dibandingkan yang jarang berhubungan seks.
10 dari 11 halaman


9. Orgasme merangsang otak

Ketika wanita mengalami orgasme, aliran darah ke seluruh otak akan meningkat yang memungkinkan nutrisi dan oksigen juga mengalir ke otak dan seluruh bagian kepala.
11 dari 11 halaman


10. Orgasme bisa membuat orang terlihat muda

Lupakan botox, Anda hanya perlu orgasme. Dr David Weeks , seorang konsultan psikolog klinis Inggris menemukan, enemukan bahwa orang-orang antara usia 40 dan 50 yang berhubungan seks, 50 persen lebih responden tampak lebih muda. Ya tentu saja, penelitian ini perlu diuji lagi.

(Mel/Abd)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.