Sukses

Cara Mengecek Bakteri pada Susu Perahan

Ketika akan mengecek susu yang sudah diperah, kebanyakan peternak di Indonesia membuangnya ke karpet. Ternyata cara itu salah.

Ketika akan mengecek susu yang sudah diperah, kebanyakan peternak di Indonesia membuangnya ke karpet. Itu dilakukan para peternak untuk mencegah bakteri tidak terlalu banyak masuk ke dalam susu.

Ternyata, cara seperti itu dianggap salah oleh peternak asal Belanda, Gerben Smeenk. Memang cara seperti itu tidak dapat dikatakan salah begitu saja, hanya saja sayang bila hanya sekedar dibuang begitu saja.

"Ada baiknya memakai ember. Supaya dapat melihat ada keanehan atau gumpalan pada susu yang diperah," kata Gerben Smeenk menjelaskan dalam acara `Farmer 2 Farmer: From Farmer, To Farmer', di Pemerahan Sapi Pondok Ranggon, Jakarta Timur, ditulis Sabtu (2/11/2013).

Lebih lanjut Gerben mengatakan, misalnya saja pada saat susu yang keluar ada keanehan seperti berwarna merah, peternak langsung ambil tindakan untuk tidak melanjutkan pemerahan. Itu berarti, susu pada sapi yang diperah tidak normal.

Program `Farmer 2 Farmer` ini merupakan sharing ilmu pengetahuan antara peternak sapi perah Belanda dengan para peternak yang berasal dari Indonesia.

Sebagai program jangka panjang yang akan dilakukan dalam kurun waktu lima tahun ke depan, tahun 2013 ini, empat peternak Belanda akan mendatangi lima area peternakan yang ada di pulau Jawa sebagai pilot project selama 3 minggu.

(Adt/Igw)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini